Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Persiapkan Akhir Tahun, Badan Pangan Nasional Jaga Harga Daging Sapi Tetap Stabil

Senin, 10 Oktober 2022 – 16:19 WIB
Persiapkan Akhir Tahun, Badan Pangan Nasional Jaga Harga Daging Sapi Tetap Stabil - JPNN.COM
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi (baju putih) memantau harga hewan sapi. Foto: Humas Badan Pangan Nasional

jpnn.com, JAKARTA - Memasuki triwulan empat tahun 2022 ketersediaan dan stabilitas harga komoditas daging sapi terpantau stabil.

Kondisi tersebut akan terus dikawal dan dipastikan oleh Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) khususnya jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) pada penghujung tahun 2022 yang biasanya diiringi peningkatan konsumsi masyarakat.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan harga daging sapi di tingkat konsumen relatif stabil dalam empat bulan terakhir dengan rata rata harga sebesar Rp 133.670/kg.

“Sejauh ini, harga di tingkat konsumen masih di bawah usulan Harga Acuan Pembelian/Penjualan (HAP) Peraturan Badan Pangan Nasional tahun 2022 yang telah dibahas dan disepakati bersama lintas Kementerian dan Lembaga serta stakeholder pangan terkait, yaitu sebesar Rp 140.000/kg,” kata Arief melalui keterangannya, Senin (10/10).

Sementara itu, berdasarkan Info Harga Pangan yang dihimpun dari Panel Harga Pangan NFA, harga rata-rata nasional daging sapi per 9 Oktober 2022 berada di Rp 134.064/kg.

Dengan harga tertinggi Rp 160.000/kg di Provinsi Kalimanta Utara dan terendah Rp 109.000/kg di Provinsi Maluku.

“Per 9 Oktober kemarin harga daging sapi di tingkat konsumen juga terpantau stabil dan berada di bawah HAP. Tren ini akan kita pantau terus sehingga kalau pun terjadi kenaikan dapat segera diantisipasi agar peningkatannya tidak melebihi HAP atau harga kesetimbangan Rp 140.000/kg,” ungkap Arief.

Dia menjelasakan NFA tidak hanya menjaga dan memastikan stabilitas harga di tingkat konsumen, melainkan turut memantau dan menjaga stabilitas harga sapi hidup di tingkat peternak.

Badan Pangan Nasional memastikan sampai saat ini harga daging sapi di tingkat konsumen relatif stabil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close