Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Dinilai Sangat Siap Memproduksi & Mendistribusikan BBM Rendah Sulfur

Kamis, 05 September 2024 – 03:07 WIB
Pertamina Dinilai Sangat Siap Memproduksi & Mendistribusikan BBM Rendah Sulfur - JPNN.COM
SPBU Pertamina. Ilustrasi. Foto JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina dinilai sangat siap memproduksi dan mendistribusikan BBM rendah sulfur.

Kesiapan tersebut sejalan dengan kebijakan progresif Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) untuk menerapkan Bahan Bakar Minyak (BBM) low sulfur pada sektor transportasi, seperti kendaraan motor dan mobil di seluruh Indonesia.

”Pertamina sangat siap memperlancar kebijakan Pemerintah tersebut,” ujar Peneliti Alpha Research Database, Ferdy Hasiman.

Kesiapan tersebut, lanjut Ferdy tak lepas dari peran BUMN energi itu yang memang ditugaskan Undang-Undang menyiapkan BBM jenis apapun untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia

”Kilang Pertamina di Balongan menurut informasi sudah siap memproduksi 900 ribu barel per bulan untuk produk diesel rendah sulfur. Pertamina siap untuk menyalurkan produk BBM rendah sulfur baru ini, karena produk BBM low sulfur, selama ini memang sudah diproduksi di kilang Pertamina,” jelas Ferdy.

Ferdy mencontohkan, BBM low sulfur yang selama ini diproduksi Pertamina, seperti Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Kedua jenis BBM tersebut, imbuhnya, mengandung BBM low sulfur dengan 50 ppm.

Pertamina Dex, misalnya, merupakan bahan bakar diesel dengan angka setana (CN) tertinggi yang dijual Pertamina, yaitu CN 53 dengan sulfur 50 ppm.

Ferdy menyebut, BBM jenis ini bisa menjaga mesin dan meningkatkan power mesin dengan maksimal.

Langkah Pemerintah ini perlu disambut baik dan diapresiasi publik di tanah air untuk menjaga ekosistem lingkungan hidup yg nyaman untuk kehidupan bermasyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA