Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Siapkan Puluhan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik di Sejumlah SPBU

Kamis, 18 Mei 2023 – 15:17 WIB
Pertamina Siapkan Puluhan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik di Sejumlah SPBU - JPNN.COM
Ilustrasi. Seorang pengemudi ojek daring menukar baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga akan menyiapkan 23 layanan battery swapping station (BSS) atau stasiun penukaran baterai yang ditempatkan di sjumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)

Langkah itu mereka lakukan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam sebuah diskusi pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (17/5).

"Kami sudah siapkan sebanyak 20 stasiun penukaran baterai, yaitu 15 unit di Jabodetabek dan enam unit di Bali. Tahun ini, kami akan kembangkan sebanyak 23 BSS sehingga nanti masyarakat pengguna kendaraan listrik tidak merasa kesulitan," kata Irto Ginting.

Dia menambahkan pihaknya telah bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Indonesia Battery Corporation (IBC) dalam berkomitmen membangun infrastruktur guna mendukung pertumbuhan industri kendaraan listrik baik roda empat maupun roda dua.

"Sudah ada enam stasiun di Jakarta. Kami memang masih fokus di Jakarta dulu sebelum mengembangkan ke wilayah lain," paparnya.

Dia mengatakan sejauh ini pihaknya telah melakukan uji coba proses penukaran baterai motor listrik bekerja sama dengan ojek daring di wilayah Jabodetabek dan Bali.

"Prosesnya aman, mudah, dan cepat. Tinggal datang, tukar baterai, dan motor sudah bisa jalan lagi," terangnya.

Pertamina menyiapkan 23 layanan battery swapping station (BSS) atau stasiun penukaran baterai yang ditempatkan di sejumlah SPBU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close