Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Moncer & Tertinggi di Pulau Jawa, Gubernur Khofifah: Alhamdulillah

Rabu, 09 Agustus 2023 – 03:09 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Jatim Moncer & Tertinggi di Pulau Jawa, Gubernur Khofifah: Alhamdulillah - JPNN.COM
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Foto: Humas Pemprov Jatim

jpnn.com, JAWA TIMUR - Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada periode Triwulan II 2023 tercatat tumbuh sebesar 5,24 persen (y-o-y).

Angka pertumbuhan tersebut di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada periode yang sama sebesar 5,17 persen.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik, ekonomi Jawa Timur pada periode tersebut juga tumbuh sebesar 2,66 persen, tertinggi dari semua provinsi yang ada di Pulau Jawa.

Provinsi Jawa Barat sebesar 2,08 persen, Jawa Tengah 1,61 persen, DKI Jakarta 1,25 persen, Banten 1,11 persen, sementara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 0,90 persen.

Pada periode triwulan II 2023, ekonomi Jawa Timur juga berkontribusi signifikan pada pertumbuhan perekonomian nasional sebesar 14,45 persen, dan 25,23 persen terhadap perekonomian Pulau Jawa.

"Alhamdulillah secara year on year semua lapangan usaha di Jatim mengalami pertumbuhan positif," ucap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Selasa (8/8).

Tumbuhnya perekonomian Jawa Timur pada periode tersebut disokong meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat yang mendorong tumbuhnya permintaan domestik, meningkatnya volume perdagangan, serta menggeliatnya  aktifitas pada sektor jasa.

"Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan paling signifikan adalah transportasi dan pergudangan yang tumbuh sebesar 13,90 persen," ujar Khofifah.

Pertumbuhan positif di triwulan II tahun 2023 ini menjadi modal besar bagi Jawa Timur untuk mengakselerasi roda perekonomian hingga akhir 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close