Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertumbuhan Publikasi Ilmiah Indonesia 15 Kali Rerata Dunia

Selasa, 17 Oktober 2017 – 23:50 WIB
Pertumbuhan Publikasi Ilmiah Indonesia 15 Kali Rerata Dunia - JPNN.COM
Menristekdikti Mohammad Nasir. Foto: Humas/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkapkan, publikasi ilmiah Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Hal ini berdasarkan data yang dikeluarkan Islamic World Science Citation Center (ISC), salah satu lembaga pengindeks publikasi ilmiah internasional.

Mereka menerbitkan data pertumbuhan publikasi ilmiah dunia, khususnya yang berasal dari negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Berdasarkan data yang dikeluarkan ISC, Indonesia menjadi negara OKI yang berhasil mencatatkan pertumbuhan publikasi ilmiah yang sangat tinggi yakni sebesar 1567% dalam jangka waktu 17 tahun.

“Pertumbuhan publikasi ilmiah Indonesia ini 15 kali lebih tinggi dibandingkan rerata pertumbuhan publikasi dunia.” ujar Menteri Nasir, Selasa (17/10).

Nasir mengungkapkan, secara umum negara-negara anggota OKI mengalami pertumbuhan publikasi ilmiah yang cukup signifikan dalam rentang waktu 17 tahun ini, yakni sebesar 666%. Sedangkan pertumbuhan publikasi ilmiah secara global adalah sebesar 105%.

Nasir menambahkan berdasarkan data ISC, prestasi publikasi ilmiah Indonesia juga terlihat dari kontribusi Indonesia pada total publikasi ilmiah dunia.

Pada tahun 2000, Indonesia hanya mampu menyumbang 0,04% dari total publikasi ilmiah dunia. Namun pada 2016 Indonesia berhasil berkontribusi bagi 0,36% total publikasi ilmiah dunia. Pertumbuhannya lebih dari sembilan kali lipat.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkapkan, publikasi ilmiah Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close