Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perut Bunyi Selalu Pertanda Lapar?

Selasa, 29 Oktober 2019 – 04:06 WIB
Perut Bunyi Selalu Pertanda Lapar? - JPNN.COM
Lapar. Ilustrasi. Foto ximagination

jpnn.com - Pasti Anda pernah mendapati kondisi di mana perut tiba-tiba berbunyi. Biasanya, perut bunyi selalu dikaitkan dengan tanda lapar atau perut kosong karena belum diisi makanan. Padahal, perut bunyi juga dapat disebabkan oleh hal lain.

Dalam dunia medis, perut bunyi biasa disebut sebagai borborygmi atau bising usus. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada bayi yang baru lahir.

Disebabkan gas berlebih di dalam perut

Umumnya, perut bunyi bukanlah kondisi yang berbahaya atau mengancam nyawa. Meski begitu, perut bunyi tetap bisa menjadi indikasi atau tanda adanya sesuatu yang salah pada tubuh Anda.

Salah satu penyebabnya yang paling sering adalah adanya terlalu banyak gas di dalam perut. Menurut dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter, perut bunyi biasanya akibat gas berlebih yang bergerak maju-mundur di usus.

“Biasanya, kondisi ini akan lebih sering terjadi pada orang yang makannya cepat, suka makan sambil berbicara, atau minum air putih terlalu banyak ketika sesi olahraga berlangsung,” ujar dr. Seruni.

Tapi, tak hanya karena faktor di atas. Jika Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki banyak kandungan gas, seperti kembang kol atau soda, maka kemungkinan perut Anda untuk berbunyi juga akan cukup besar.

Selain itu, jika bunyi yang muncul dari perut lebih kencang dari biasanya, bisa jadi Anda memiliki masalah kesehatan lain. Misalnya alergi makanan, diare, radang usus akibat infeksi, perdarahan di saluran pencernaan, hingga penyakit Crohn.

Biasanya, perut bunyi selalu dikaitkan dengan tanda lapar atau perut kosong karena belum diisi makanan. Padahal, perut bunyi juga dapat disebabkan oleh hal lain.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close