Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petani Buang Tomat ke Jurang Gegara Harga Anjlok

Sabtu, 21 Januari 2023 – 17:36 WIB
Petani Buang Tomat ke Jurang Gegara Harga Anjlok - JPNN.COM
Tomat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, LAMPUNG BARAT - Petani di Pekon (Desa) Hanakau, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, kesal dengan anjloknya harga tomat.

Para petani membuang ratusan kilogram buah tomat hasil panen ke jurang.

Dalam rekaman vidio amatir yang diterima, terlihat dua orang petani membuang satu peti tomat ke jurang. Kemudian terlihat sejumlah peti berisi tomat matang lainnya yang berada di mobil pick up.

"Tomat murah enggak laku, lebih mahal kotaknya daripada buah tomat," ujar salah seorang petani yang ada dalam video tersebut.

Selanjutnya salah seorang petani tomat, Pudin, mengatakan, petani merasa kesal sebab saat ini harga tomat anjlok, hanya berkisar di harga Rp 600 sampai Rp 800 per kilogram.

"Pasarannya lagi sepi, peminatnya kurang, sedangkan yang panen banyak, sekarang harga hanya Rp800, enggak ketutupan sama modalnya," kata Pudin, saat diwawancarai di Sukau, Lampung Barat, Sabtu (21/1).

Selanjutnya dia mengatakan, harga tomat saat ini sudah jauh turunnya, karena harga standar tomat bulan lalu berkisar harga Rp 4.000 per kilogram, namun saat ini yang terjadi harga tomat turun hingga harga Rp600 sampai Rp 800 per kg.

Menurut dia, dalam sekali panen petani bisa menghasilkan 400 hingga 500 kotak tergantung luas lahan tanam. Dalam satu kotak tersebut, bisa mencapai 50 kg dan dengan masa tanam selama 80 hari.

Petani di Lampung Barat kesal dengan anjloknya harga tomat. Mereka membuang tomat ke jurang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close