Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petani Demak Sudah Panen, Kementan Pastikan Harga Bawang Segera Turun

Selasa, 11 Mei 2021 – 12:45 WIB
Petani Demak Sudah Panen, Kementan Pastikan Harga Bawang Segera Turun - JPNN.COM
Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian optimistis stok bawang merah di tingkat petani aman menjelang HBKN. Foto: Humas Hortikultura

jpnn.com, DEMAK - Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto mengaku optimistis jika stok bawang merah di tingkat petani aman menjelang HBKN.

"Kalau melihat kondisi neraca perdagangan saat ini, Insya Allah aman hingga lebaran nanti, yah paling ada distorsi sedikit, itu kadang masalah di pengangkutan, pedagang dan petani yang masih suasana lebaran, hal biasalah itu, tapi kami yakin tidak akan ada gejolak harga," ujanya dalam keterangan yang diterima, Selasa (11/5).

Bersama jajarannya, Prihasto meninjau sentra-sentra produksi hortikultura di Jawa Tengah, Minggu, (9/5) menjelang hari raya Idulfitri 1442 H.

Prihasto mengunjungi hamparan bawang merah di Desa Pasir, Kecamatan Mijen, Kab. Demak, dan selanjutnya akan mengecek ketersediaan di daerah-daerah lain di Jawa Tengah.
Diperkirakan luas pertanaman bawang merah di Demak mencapai 2.800 hektare dengan provitasnya mencapai 7,62 ton per hektar.

"Saat ini Kabupaten Demak menyumbang sekitar tiga persen dari total produksi bawang merah nasional termasuk 0,2 persen untuk produksi cabai besar nasional," bebernya.

Dia menjelaskan sebagai penyangga dan pemasok Jabodetabek, total neraca dari kabupaten ini mencapai kurang lebih 6.500 ton setiap bulan.

Di sisi lain, kebutuhan Jabodetabek yang mencapai 13 ribu ton perbulan.

"Demak mampu memenuhi 2 persennya," katanya.

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto mengaku optimistis stok bawang merah di tingkat petani aman menjelang HBKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close