Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petani di Deli Serdang Terbantu Berkat Program Ini

Senin, 22 Agustus 2022 – 19:47 WIB
Petani di Deli Serdang Terbantu Berkat Program Ini - JPNN.COM
Kegiatan Farmer Field Day Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang membawa dampak positif bagi Kelompok Tani Pulau Naga. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, DELI SERDANG - Ratusan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Pulau Naga, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang semringah.

Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) yang mereka ikuti membawa dampak positif terhadap kegiatan tani para anggota.

Hal ini terungkap saat digelar acara kegiatan ubinan, panen, dan Farmer Field Day (FFD) atau temu lapangan pada demplot Climate Smart Agriculture (CSA) SIMURP di Kelompok Tani Pulau Naga, Desa Denai Lama yang berada di WKBPP Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang minggu lalu.

Demplot atau Demontration Plot adalah metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, dengan maksud agar bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Kepala Dinas Pertanian Deli Serdang Rahman Saleh Dongoran menjelaskan demplot ini telah melaksanakan paket teknologi CSA SIMURP Tahun 2022. Perinciannya, penggunaan bibit unggul label ungu varietas Ciherang, jarak tanam jajar legowo 4:1, seleksi benih dan seed treatment dengan menggunakan Trichoderma dan Paini Bacillus.

"Demplot ini telah melaksanakan paket teknologi CSA SIMURP 2022. Antara lain penggunaan bibit unggul label ungu varietas Cakrabuana dan jarak tanam jajar legowo 4:1. Selain itu juga penggunaan seleksi benih dan seed treatment dengan menggunakan Trichoderma dan Paini Bacillus, penggunaan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) serta penggunaan bahan organik untuk pembuatan pupuk organik dan pestisida nabati," kata Dongoran.

Dogoran mengungkapkan hasil ubinan sebesar 4,8 kg dengan produksi setelah panen sebesar 6,52 ton/ha.

Produksi ini mengalami kenaikan sebesar kurang lebih 0,3 ton/ha dimana produktivitas musim tanam ASEP tahun 2021 sebesar 6,2 ton/ha.

Teknologi CSA dirasakan manfaatnya bagi petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Pulau Naga di Kabupaten Deli Serdang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close