Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petani di Purworejo Merasakan Penerapan Teknologi CSA

Senin, 22 Agustus 2022 – 14:28 WIB
Petani di Purworejo Merasakan Penerapan Teknologi CSA - JPNN.COM
Acara Farm Field Day (FFD) di Kabupaten Purworejo. Foto: Kementan

jpnn.com - PURWOREJO - Kelompok Tani Sri Krida Tani Desa Sokowaten, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah kini lebih semringah.

Sejak mendapat pelatihan intensif dari Kementerian Pertanian pemahaman para petani terhadap cara bertani lambat laun makin lebih baik.

Seperti halnya pelatihan Farm Field Day (FFD) yang merupakan bagian dari Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP).

Hal ini sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar terus mendorong inovasi pertanian yang mampu beradaptasi dengan perubahan iklim.

Menurutnya, Kementerian Pertanian (Kementan) harus bisa membaca perubahan iklim dan beradaptasi, di antaranya melalui teknologi Climate Smart Agriculture (CSA) yang sedang digaungkan melalui Program SIMURP.

Mentan menambahkan bahwa SIMURP merupakan program utama Kementan yang harus didukung oleh semua pihak.

Melalui Program SIMURP diharapkan petani penerima manfaat SIMURP dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian dengan mengedepankan penggunaan air yang efisien serta tanpa bergantung pada kondisi iklim yang berubah.

“Dengan hadirnya SIMURP diharapkan mampu mengembangkan kemampuan manajerial penyuluh dan pengelola di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP),” ujar Mentan.

CSA SIMURP bisa meningkatkan produktivitas produksi tanaman dan pendapatan petani, khususnya di Purworejo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close