Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petebu Ganjar Bakti Sosial Bareng Warga untuk Normalisasi Irigasi Sawah di Nganjuk

Senin, 02 Oktober 2023 – 16:33 WIB
Petebu Ganjar Bakti Sosial Bareng Warga untuk Normalisasi Irigasi Sawah di Nganjuk - JPNN.COM
Sukarelawan Petebu Ganjar melakukan normalisasi saluran irigasi. Dok: Petebu Ganjar.

jpnn.com, NGANJUK - Ratusan sukarelawan Petani Tebu Bersatu (Petebu) Dukung Ganjar Kabupaten Nganjuk, berkumpul bersama warga melaksanakan bakti sosial untuk normalisasi irigasi sawah.

Kegiatan itu berlangsung di area persawahan Desa Banjarsari, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Senin (2/10).

Taryono, Koordinator Daerah Petebu Ganjar mengatakan bakti sosial bersama warga itu bertujuan untuk membersihkan saluran pengairan sawah yang fungsinya kurang optimal lantaran musim kemarau.

Hal itu membuat Petebu Ganjar beramai-ramai turun langsung ke lapangan bersama warga agar pengairan di area persawahan tersebut bisa berfungsi normal kembali dan membuat petani semangat lagi untuk beraktivitas.

"Manfaatnya agar petani yang ada di wilayah Ngronggot dan Banjarsari ini yang baru sebagian kecil ada manfaatnya. Karena melihat situasi hari ini semua bahan pokok mahal, maka kota fokus pada irigasi saluran yang mana nanti petani biar bergairah lagi," ujar Taryono dalam siaran persnya.

Adapun saluran irigasi persawahan yang menjadi lokasi bakti sosial Petebu Ganjar sepanjang satu kilometer. Jika saluran tersebut optimal lagi setelah dibersihkan, maka tak kurang dari 15 hektare area persawahan akan teraliri air kembali secara normal.

Menurut Taryono, setelah saluran dinormalisasi maka para petani dapat langsung beraktivitas lagi di sawahnya dan menghidupkan kembali lahan-lahan yang kekeringan di musim kemarau.

"Kalau yang kami bersihkan tadi ini baru kurang lebih mencapai 10 sampai 15 hektare. Kalau saluran ini tembusnya kurang lebih 50 hektare, untuk yang Desa Banjarsari saja, belum desa yang lain," ujar Taryono.

Sukarelawan Petebu Ganjar mengadakan bakti sosial dan membersihkan irigasi sawah di Nganjuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close