Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petisi Koalisi Masyarakat Sipil di Acara Kamisan Menyoal Pencalonan Prabowo-Gibran

Kamis, 01 Februari 2024 – 21:22 WIB
Petisi Koalisi Masyarakat Sipil di Acara Kamisan Menyoal Pencalonan Prabowo-Gibran - JPNN.COM
Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Demokratis bacakan petisi yang menyoal ambisi kekuasaan Jokowi dan pencalonan Prabowo-Gibran di acara Kamisan, di Jakarta, Kamis (1/2/2024). Foto: PBHI

jpnn.com, JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Demokratis membacakan petisi #SelamatkanDemokrasi dalam acara Kamisan 804 di seberang Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (1/2).

Dalam petisi yang dibacakan Ketua PBHI Julius Ibrani, koalisi masyarakat sipil menyerukan untuk menyelamatkan Indonesia dari kepentingan dan ambisi kekuasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), keluarga, serta kroni-kroninya.

"Kembalikan Indonesia untuk kepentingan rakyat seluruhnya," ucap Julius membacakan petisi tersebut, dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Petisi tersebut mengingatkan bahwa NKRI dibangun dan didirikan tidak untuk kepentingan segelintir orang, kelompok atau keluarga, tetapi demi seluruh rakyat.

Kekuasaan di negara ini juga tidak boleh hanya dimonopoli, didominasi, dan dikuasai oleh kalangan terbatas, karena hal tersebut bertentangan dengan semangat dan cita-cita pendirian Negara Indonesia.

"Fakta-fakta historis dan kekinian dengan sangat jelas menunjukkan bahwa penguasaan negara dan sumber daya di dalamnya oleh segelintir orang, keluarga, dan penguasa telah meminggirkan dan merampas hak-hak rakyat di negara ini," tutur Julis.

Petisi itu juga menyitir TAP MPR X/MPR/1998 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) yang menyebutkan bahwa dalam penyelenggaraan negara semasa Pemerintahan Soeharto telah terjadi praktik-praktik usaha yang lebih menguntungkan sekelompok tertentu.

Selain itu, juga terjadi praktik-praktik yang menyuburkan KKN melibatkan pejabat negara dengan para pengusaha, sehingga merusak sendi-sendi penyelenggaraan negara dalam berbagai aspek kehidupan nasional. "TAP MPR menegaskan bahwa hal itu tidak boleh terulang di masa depan," lanjutnya.

Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Demokratis bacakan petisi yang menyoal ambisi kekuasaan Jokowi dan pencalonan Prabowo-Gibran di acara Kamisan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close