Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilkades Ricuh, Warga Melakukan Aksi Pembakaran

Rabu, 22 Januari 2020 – 13:52 WIB
Pilkades Ricuh, Warga Melakukan Aksi Pembakaran - JPNN.COM
Warga membakar kayu di dalam lingkungan Kantor Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak sebagai bentuk protes. Foto: Radar Cianjur

jpnn.com, CIANJUR - Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak, Cianjur, Jawa Barat berujung ricuh, Selasa (21/1).

Puluhan warga melakukan aksi pembakaran di halaman Kantor Desa Waringinsari. Aksi ini merupakan bentuk protes dan kekecewaan kepada panitia pilkades.

Selain melakukan pembakaran kayu, puluhan warga juga berorasi dan meminta panitia pilkades mundur dari jabatannya. Massa juga menuntut agar pelaksanaan Pilkades diundur.

Kejadian kemarin merupakan buntut aksi yang digelar sejak Senin (20/1). Aksi dilakukan sebagai bentuk kekecewaan warga yang menerima bakal calon dari luar Desa Waringinsari.

Salah satu warga Desa Waringinsari Aceng Abdul Hanan (25) mengatakan, ada barisan warga yang datang ke kantor desa dan melakukan aksi demo.

“Tadi (kemarin, red) protesnya supaya panitia mundur, supaya pemilihannya juga diundur. Warga keberatan, panitia menerima calon kades yang dari luar Desa Waringinsari,” kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler.

Padahal dua di antaranya merupakan warga asli Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak. Sebelumnya ada sembilan bakal calon kepala desa, dan yang ikut seleksi akademik pada Minggu (19/1) lalu ada delapan orang. Dari delapan orang tersebut, lima yang dinilai terbaik ditetapkan sebagai calon kepala desa.

Aceng mengatakan, warga mengancam akan melakukan demo yang lebih besar lagi dan dengan membawa massa lebih banyak masa. “Rencananya akan ada aksi yang lebih besar dan lebih banyak massa,” tuturnya.

Pilkades di Desa Waringinsari, Cianjur berujung ricuh dikarenakan warga tidak ingin ada bakal calon dari luar Desa Waringinsari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close