Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pimpin Upacara Penurunan Dwiwarna, Presiden Jokowi Pakai Jas

Senin, 17 Agustus 2020 – 18:30 WIB
Pimpin Upacara Penurunan Dwiwarna, Presiden Jokowi Pakai Jas - JPNN.COM
Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka HUT RI di Istana Merdeka Jakarta. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beserta Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan istrinya, Wury Estu Handayani menghadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8) sore.

Seperti pada upacara pengibaran bendera pada pagi hari tadi, Presiden Ketujuh RI itu juga menjadi inspektur upacara.

Presiden Jokowi dan Kiai Ma'ruf tampak mengenakan jas pada upacara penurunan Dwiwarna. Sebelumnya pada upacara pengibaran bendera, keduanya mengenakan baju adat Nusantara.

Upacara penurunan bendera berjalan dengan baik. Tim Merauke yang terdiri dari tiga anggota Pengibar Bendera Pusaka menjalankan tugasnya dengan lancar.

Sylvia Kartika Putri dari Provinsi Sumatera Utara dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih saat penurunan. Dara kelahiran 19 Agustus 2003 itu merupakan pelajar di SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar.

Dua orang lainnya dari Tim Merauke adalah Sudrajat Prawijaya dari Provinsi Bengkulu dan Muhammad Asri Maulana dari Provinsi Kalimantan Selatan. Sudrajat bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera, sedangkan Maulana menjadi pengerek.

Adapun Kombes Pol Christ Reinhard Pusung menjadi komandan upacara. Polisi kelahiran Manado, 21 Desember 1975 itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1997 dan kini menjabat sebagai kepala Satuan Tugas Wilayah Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

Untuk posisi perwira upacara penurunan bendera tetap dipercayakan kepada Brigadir Jenderal TNI Syafruddin. Saat ini, tentara kelahiran Wajo, 3 Agustus 1964 itu menjabat sebagai kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.(tan/jpnn)

Presiden Jokowi memimpin Upacara Penurunan Bendera Negara Merah Putih pada Senin (17/8) sore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close