Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pinangki Ungkap Alasan Djoko Tjandra Ingin Balik ke Indonesia, Oh Ternyata..

Rabu, 06 Januari 2021 – 23:19 WIB
Pinangki Ungkap Alasan Djoko Tjandra Ingin Balik ke Indonesia, Oh Ternyata.. - JPNN.COM
Terdakwa kasus suap pengurusan pengajuan fatwa Mahkamah Agung (MA) untuk membebaskan Djoko Tjandra, Pinangki Sirna Malasari saat mengikuti sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (9/11). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Terdakwa Pinangki Sirna Malasari mengungkapkan alasan Djoko Soegiarto Tjandra ingin kembali ke Indonesia. Alasan utama ialah tidak mendapat dukungan politik lagi dari pemerintah Malaysia.

Padahal Djoko merupakan kerabat dekat eks Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak.

Kesaksian Pinangki itu didasari pengakuan saksi Rahmat kepada dirinya. Rahmat merupakan pengusaha yang mengenalkan Pinangki dengan Djoko Tjandra.

"Berdasarkan keterangan Saudara Rahmat yang sudah kenal Djoko Tjandra lebih dahulu, Djoko Tjandra rencana akan serahkan diri ke Indonesia, karena sudah tidak didukung politik oleh pemerintah Malaysia," ujar Pinangki saat diperiksa sebagai terdakwa suap, pemufakatan jahat, dan tindak pidana pencucian uang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (6/1).

Pinangki kemudian berinisiatif untuk membantu Djoko berdasarkan informasi dari Rahmat. Pinangki lalu mengenalkan advokat Anita Kolopaking kepada Djoko.

"Saya inisiatif kenalkan Anita Kolopaking untuk jadi penasihat hukum dalam proses penyerahan diri Djoko Tjandra tersebut pada 12, 19, dan 25 November," kata Pinangki.

Pinangki bersama Anita kemudian mendatangi Djoko di Malaysia. Turut bersama mereka Andi Irfan Jaya dan Rahmat.

Pinangki mengaku tiga kali berangkat ke Malaysia, yakni pada 12 November 2019, 19 November 2019, dan 25 November 2019.

Pinangki mengklaim tak memiliki kepentingan untuk bertemu Djoko Tjandra. Dia mengaku hanya ingin mengenalkan Anita Kolopaking ke Djoko Tjandra yang saat itu masih menjadi buronan kasus korupsi Bank Bali.

"Keberangkatan saya ke Malaysia untuk memperkenalkan pengacara Anita Kolopaking kepada Djoko Tjandra," kata Pinangki. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Terdakwa Pinangki Sirna Malasari mengungkapkan alasan Djoko Soegiarto Tjandra ingin kembali ke Indonesia setelah lama melarikan diri.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close