Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PKB Minta Pemerintah Fokus Benahi Persoalan Transportasi

Senin, 31 Desember 2012 – 03:52 WIB
PKB Minta Pemerintah Fokus Benahi Persoalan Transportasi - JPNN.COM
JAKARTA - Selama ini banyak pihak menilai mahalnya harga pangan diakibatkan minimnya pasokan ataupun adanya permainan pihak tertentu. Padahal ada sebab lain yang turut mengakibatkan lonjakan harga, yakni biaya distribusi.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR, Marwan Jafar, menilai buruknya infrastruktur transportasi di tanah air telah membuat biaya distribusi melonjak sehingga ikut melambungkan harga pangan.

"Para supir truk, pengusaha, dan masyarakat merasakan proses distribusi barang di Indonesia sangat menguras waktu, tenaga, pikiran dan uang. Kondisi ini yang sering mengakibatkan lonjakan harga bahan pangan tak terkendali," kata Marwan di Jakarta, Minggu (30/12).

Pendapat Marwan itu didasarkan pada hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI) belum lama ini yang mencatat 77 persen inflasi nasional berasal dari daerah. Penyebabnya adalah buruknya sarana dan prasarana transportasi sehingga biaya distribusi di Indonesia sangat mahal. Biaya distribusi bisa mencapai 30 persen dari total ongkos produksi.

JAKARTA - Selama ini banyak pihak menilai mahalnya harga pangan diakibatkan minimnya pasokan ataupun adanya permainan pihak tertentu. Padahal ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA