Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PLN Menduga Ini Penyebab Gangguan Listrik ke Pulau Madura

Jumat, 04 Maret 2022 – 11:15 WIB
PLN Menduga Ini Penyebab Gangguan Listrik ke Pulau Madura - JPNN.COM
PT PLN (Persero) mendugaa ada gangguan pada Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Ujung-Bangkalan, Jawa Timur. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - PT PLN (Persero) menemukan dugaan sementara gangguan pada Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Ujung-Bangkalan, Jawa Timur.

Hal itu menyebabkan pasokan listrik ke Pulau Madura terganggu sejak Sabtu (26/2).

"Setelah dilakukan pengujian oleh Tim Emergency Recovery System dengan menggunakan teknologi alat Fault Locator, dugaan sementara lokasi gangguan telah ditemukan," kata Manager PLN UP3 Pamekasan, M Farqi Faris, dalam siaran persnya di Surabaya, Jumat.

Menurut Farqi, melalui pengujian dengan bantuan Fault Locator sejak hari ketiga pasca-gangguan, penelusuran mendapatkan hasil prediksi kuat lokasi sementara titik gangguan berada.

Dia menyebutkan dari pengujian PLN, Joint Box 3 (JB3) sampai JB5 dalam tahap pembongkaran, sementara JB6 sampai JB13 sudah dilakukan pengujian dan hasilnya aman.

"Saat ini, proses pembongkaran jalan tempat titik sambung dari kabel SKTT yang berada di JB5 tepat di depan pintu masuk Jembatan Suramadu sudah dilakukan, dan JB 5 sudah bisa kami lihat, selanjutnya akan dilakukan pengujian untuk kemudian dapat ditentukan langkah perbaikan yang harus ditempuh, sehingga pengerjaan dapat lebih cepat dilakukan," katanya.

Farqi mengatakan pembongkaran yang dilakukan PLN tetap mematuhi pengaturan rekayasa lalu lintas agar pengguna jalan tetap dapat melintasi jalur jalan.

Jaringan listrik ke Pulau Madura sebelumnya mengalami gangguan sejak 26 Februari 2022.

PT PLN (Persero) mendugaa ada gangguan pada Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Ujung-Bangkalan, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close