Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PLN Operasikan SUTT 150 kV Duren Tiga II, Tambah Pasokan Listrik di Ragunan

Kamis, 03 Oktober 2024 – 11:05 WIB
PLN Operasikan SUTT 150 kV Duren Tiga II, Tambah Pasokan Listrik di Ragunan - JPNN.COM
PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) berhasil mengalirkan listrik (energize) pada proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV) Duren Tiga II/Ragunan-Depok II Sirkit 1. Foto: dokumentasi PT PLN

jpnn.com - JAKARTA -- PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) berhasil mengalirkan listrik pada proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV) Duren Tiga II/Ragunan-Depok II Sirkit 1.

Proyek transmisi ini menghubungkan Gas Insulated Switchgea (GIS) 150 kV Depok II dan GIS 150 kV Duren Tiga II.

SUTT 150 kV Duren Tiga II/Ragunan-Depok II memiliki panjang 8,698 kilometer per sirkit (kms) dengan jumlah tower sebanyak 32.

Sebelumnya, transmisi ini beroperasi pada tegangan 70 kV.

Seiring dengan meningkatnya permintaan listrik di area Ragunan, mendorong perlunya peningkatan tegangan menjadi 150 kV, yang memungkinkan distribusi listrik dengan kapasitas lebih besar.

Manager UPP JBB 2 Effendi Kurnianto mengatakan dalam proses peningkatan tegangan itu, PLN melakukan penggantian tower dan kabel konduktor agar sesuai dengan standar instalasi untuk tegangan 150 kV.

Pembangunan proyek tersebuty juga tercantum dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030, yang menjadi pedoman strategis PLN meningkatkan infrastruktur ketenagalistrikan di seluruh Indonesia.

"Keberhasilan pemberian tegangan 150 kV pada transmisi SUTT ini diharapkan dapat menjadi perkuatan sistem ketenagalistrikan serta memenuhi kebutuhan listrik yang terus meningkat seiring pertumbuhan populasi khususnya di area Ragunan dan sekitarnya," ucap Effendi dalam keterangannya, Kamis (3/10).

PT PLN melalui UIB JBB mengalirkan listrik pada proyek SUTT 150 kilovolt (kV) Duren Tiga II/Ragunan-Depok II Sirkit 1.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA