Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polairud Tembak Dua ABK Kapal Asing Pencuri Ikan di Selat Malaka

Rabu, 12 Mei 2021 – 01:05 WIB
Polairud Tembak Dua ABK Kapal Asing Pencuri Ikan di Selat Malaka - JPNN.COM
Ilustrasi petugas menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) yang melakukan kegiatan pencurian ikan di wilayah Perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, Jumat (8/3). Foto: Dispen Koarmada I

jpnn.com, MEDAN - Kepolisian Air dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan Polri mengamankan dua kapal asing pencuri ikan di perairan Selat Malaka. Dua ABK terkenal tembakan petugas saat dilakukan pengejaran.

Penangkapan kedua kapal dengan nama KHF 1937 dan SLFA 3082 sempat terjadi penembakan, saat dilakukan pengejaran. Akibatnya, 2 ABK dari kapal tersebut mengalami luka tembak.

Kapolda Sumut, Irjend Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Senin (10/5), dalam temu pers mengatakan, kedua kapal asing yang diamankan merupakan hasil tangkapan dari Polairud Barharkam Polri.

Untuk lebih jelas mengenai penangkapan kapal itu, Kapoldasu menyerahkan kepada Komandan Ditpolairud Barharkam Polri Brigjend Pol Yassin untuk menjelaskan.

“Ini pengungkapan Barharkam Polri, maka saya persilahkan kepada Brigjend Pol Yassin untuk menjelaskan,” ungkap Kapoldasu.

Menanggapi itu, Direktur Ditpolairud Barharkam Polri Brigjend Pol Yassin menjelaskan, kedua kapal yang mereka amankan masing-masing, KHF 1937 turut diamankan nahkoda, Smarth (37) dan ABK-nya, Som Chai (39) dan Thawat Chai (35) warga Thailand serta Zin Maung (27) warga Myanmar dengan barang bukti lebih kurang 1 ton ikan.

“Kapal ini (KHF 1937) ditangkap Kapal Patroli Bisma-8001. Kapal yang ditangkap menggunakan alat tangkap trawl mencuri ikan di perairan Indonesia. Mereka ditangkap saat mencari ikan di malam hari pada Jumat tanggal 7 Mei 2021,” jelas Yassin.

Selain itu, pada tanggal 5 Mei 2021, pihaknya melalui Kapal Patroli Laksamana-7012 menangkap kapal ikan asing SLFA 3082 di perairan Indonesia. Dalam penangkapan itu turut diamankan lebih kurang 1 ton ikan.

Kepolisian Air dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan Polri mengamankan dua kapal asing pencuri ikan di perairan Selat Malaka. Dua ABK ditembak saat dilakukan pengejaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close