Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Kulit dan Organ Tubuh Harimau Sumatera, Nih Penampakannya

Selasa, 22 Desember 2020 – 23:56 WIB
Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Kulit dan Organ Tubuh Harimau Sumatera, Nih Penampakannya - JPNN.COM
Ketiga pelaku perburuan dan penjualan kulit dan harimau sumatera, di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, ditunjukkan polisi kepada pers, Selasa. Barang bukti kejahatan berupa kulit harimau diletakkan di bawah. ANTARA/HO-Humas Polda Bengkulu

jpnn.com, BENGKULU - Polisi akhirnya berhasil mengungkap tiga pelaku yang terlibat dalam jaringan perdagangan kulit dan organ tubuh harimau sumatera di Bengkulu.

Kepala Bidang Humas Polda Bengkulu, Komisaris Besar Polisi Sudarno, mengatakan ketiga pelaku ditangkap bersama dengan barang bukti tulang dan kulit harimau sumatera saat melintas menggunakan kendaraan roda dua di jalan raya Bengkulu-Manna, Senin dini hari (21/12).

Mereka adalah BB dan SOH warga Tanjung Ganti, Kecamatan Padang Guci, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, serta SB warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Semidang Alas, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

"Jadi dari tiga orang itu dua di antaranya merupakan pemburu harimau yaitu BB dan SOH, sedangkan SB berperan sebagai calo yang menghubungkan dengan calon pembeli kulit dan organ harimau," kata Sudarno, di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan saat ini ketiga orang itu telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Markas Polda Bengkulu untuk disidik lebih lanjut.

Mereka disangkakan melanggar pasal 40 ayat 2 juncto pasal 21 ayat 2 huruf b UU Nomor 5/1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun dan denda Rp100 juta.

Ia menyebut berdasarkan hasil pemeriksaan awal ketiga tersangka mengaku sebelumnya juga telah menjual kulit dan organ harimau sumatera ke Jakarta.

Sedangkan kulit dan organ harimau sumatera yang disita polisi saat ini rencananya akan dijual ke salah satu warga Bengkulu dengan harga sekitar Rp110 juta per paket yang berisi tulang dan kulit harimau.

Polisi akhirnya berhasil mengungkap tiga pelaku yang terlibat dalam jaringan perdagangan kulit dan organ tubuh harimau sumatera di Bengkulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close