Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Politik Uang Hanya Bisa Ditangani dengan Cara ini

Senin, 09 September 2024 – 22:25 WIB
Politik Uang Hanya Bisa Ditangani dengan Cara ini - JPNN.COM
Ilustrasi - Perlu penanganan politik uang pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - KENDARI - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sangat menentukan masa depan sebuah daerah untuk lima tahun ke depan.

Karena itu, seluruh masyarakat harus benar-benar menjaga agar dalam pelaksanaannya tidak terjadi kecurangan.

Misalnya, terkait dugaan politik uang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta masyarakat di wilayah Bumi Anoa berani melaporkannya.

Menurut Ketua Bawaslu Provinsi Sultra Iwan Rompo Banne praktik politik uang saat ini tidak ada jalan keluarnya, terkecuali dari masyarakat sendiri yang berinisiatif dan berani melaporkannya.

"Kalau soal politik uang, tidak ada jalan sebenarnya, cuma menurut kami (Bawaslu), masyarakat harus berani melaporkan," ujar Iwan Rompo Banne saat meluncurkan peta kerawanan Pilkada 2024, di Kendari, Senin (9/9).

Apabila tak ada masyarakat yang berani melaporkan praktik politik uang, maka kemungkinan terungkapnya pelanggaran tersebut akan makin sulit diusut dan diungkap oleh pengawas pemilu.

"Pengawas pemilu memiliki keterbatasan dalam hal-hal seperti itu, baik jumlah maupun kejadian, sehingga kalau mau ini diungkap cuma satu, semua harus berani melaporkan," ucapnya.

Iwan mengatakan meski tak ada laporan yang masuk, Bawaslu tentu akan terus menindaklanjuti semua informasi yang didapatkan oleh tim di lapangan terkait dengan pelanggaran pilkada.

Politik uang pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 hanya dapat ditangani dengan cara ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA