Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo Hanya Sekali Menyebut Nama Jokowi dalam Debat, Mulai Tak Percaya Diri?

Senin, 05 Februari 2024 – 20:53 WIB
Prabowo Hanya Sekali Menyebut Nama Jokowi dalam Debat, Mulai Tak Percaya Diri? - JPNN.COM
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri) dan Jubir muda Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Ariyo Seno Baskoro memberikan keterangan pers merespons debat capres dan penjelasan persiapan kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (5/2). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai Prabowo Subianto terkesan defensif saat debat Capres pamungkas pada Minggu (5/2) kemarin.

Menurut Hasto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan justru menunjukkan kemampuannya dalam debat yang mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi itu.

"Di situ Pak Ganjar Pranowo dan Pak Anies memang memiliki kemiripan karena memikiki basis, basis pengalaman sebagai gubernur yang banyak bersentuhan dengan persoalan rakyat," kata Hasto.

"Nah, untuk itu, sebaliknya Pak Prabowo karena pengalamannya di pertahanan, ya, hanya defense, defense, dan defense," tambah Hasto.

Sementara itu, politikus muda PDIP Aryo Seno Bagaskoro menambahkan Prabowo dalam debat kemarin menunjukkan betapa ringkihnya fisik calon presiden nomor urut dua di Pilpres 2024 itu.

"Tadi malam, kita bisa melihat sekali bahwa secara fisik, secara tampilan beliau tampak sangat kelelahan, sehingga dalam berkali-kali statement yang beliau sampaikan, beliau sangat out of character, ke luar dari karakter beliau biasanya. Kalau publik menangkap selama ini dalam forum-forum maupun dalam debat Capres sebelumnya, Pak Prabowo tampil dengan begitu tempramen, mudah terpancing, kemudian publik menangkap ada arogansi di situ, tadi malam Pak Prabowo tampak kelelahan," kata Seno.

Seno meyakini nuansa lelah yang ditunjukkan Prabowo bukan bagian dari strategi komunikasi. Seno melihat capres berusia 72 tahun itu sangat kelelahan karena melaksanakan kampanye yang semakin padat.

"Dari situ kita melihat poin-poin yang disampaikan Pak Prabowo, seringkali poin-poin yang jauh dari persoalan rakyat. Padahal debat tadi malam itu adalah debat tentang urusan perut rakyat, debat tentang masa depan rakyat, debat tentang kesejahteraan. Tetapi yang disampaikan Pak Prabowo berulang kali, titik poinnnya adalah bicara misalnya narasi persatuan, tentang narasi bagaimana para elite bisa bersatu" kata Seno.

Politikus muda PDIP Aryo Seno Bagaskoro menambahkan Prabowo dalam debat kemarin menunjukkan fisik yang kelelahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close