Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prajurit Tewas Diserang KKB, Legislator Ini Minta Evaluasi Penanganan Keamanan di Papua

Senin, 17 April 2023 – 14:08 WIB
Prajurit Tewas Diserang KKB, Legislator Ini Minta Evaluasi Penanganan Keamanan di Papua - JPNN.COM
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Foto: dok Ridwan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani meminta dilakukan evaluasi penanganan keamanan di Papua menyusul insiden penyerangan kepada tim penyelamat pilot Susi Air dari TNI.

"Perlu ada kebijakan jelas dari pemerintah pusat, karena faktanya eskalasi gangguan keamanan di Papua tidak bisa lagi diselesaikan dengan cara-cara biasa seperti yang dilakukan selama ini," kata legislator Fraksi Golkar itu melalui layanan pesan, Senin (17/4).

Sebelumnya, pilot Susi Air Philip Mark Merthens ditawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada 7 Februari 2023.

Namun, satu prajurit Pratu Miftahul Arifin yang menjadi anggota tim penyelamat Philip, tertembak oleh KKB ketika melakukan operasi.

Christina mengatakan pemerintah perlu merumuskan peta besar solusi gangguan keamanan di Papua menyusul tewasnya Pratu Miftahul.

Dia menyatakan pendekatan pembangunan ekonomi di Papua yang menjadi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) rupanya kurang memberi penekanan pada aspek gangguan keamanan.

"Kami tidak ingin ada prajurit lagi yang gugur dan jangan lagi jatuh lebih banyak korban warga sipil," lanjut Christina.

Dia mengatakan peta besar ini sangat penting dirumuskan karena TNI selama ini bergerak di Papua untuk mendukung operasi penegakan hukum oleh Polri.

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengatakan pemerintah perlu merumuskan peta besar solusi gangguan keamanan di Papua menyusul tewasnya Pratu Miftahul.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close