Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pratikno Pastikan Perampingan Jabatan Eselon tak Berpengaruh ke Penghasilan

Jumat, 08 November 2019 – 05:05 WIB
Pratikno Pastikan Perampingan Jabatan Eselon tak Berpengaruh ke Penghasilan - JPNN.COM
Pemangkasan jabatan eselon berdampak luas pada PNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memastikan kebijakan pemangkasan jabatan eselon tidak berkaitan dengan pengurangan pegawai maupun penurunan pangkat ASN (Aparatur Sipil Negara).

"Sebetulnya ini bagian penting dari sebuah program strategis Presiden, yakni deregulasi dan debirokratisasi. Ini berkaitan dengan rentang pengambilan keputusan. Jadi bagaimana rentang pengambilan keputusan itu diperpendek," kata Pratikno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/11).

Penjelasan Pratikno yang dirilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden ini menyebutkan bahwa perampingan eselon tersebut dimaksudkan untuk mengurangi rentang pengambilan keputusan sehingga pemerintah dapat bergerak dengan cepat.

Dijelaskan Pratikno, perampingan eselon sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato awal masa jabatan usai dilantik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10) merupakan bagian penting dari upaya pemerintah untuk melaksanakan reformasi birokrasi.

Dia menilai, selama ini tingkatan eselon yang cukup banyak seringkali menjadikan instruksi pimpinan harus terlebih dahulu melewati rantai birokrasi yang panjang.

Optimalisasi terhadap hal tersebut merupakan tujuan utama dari ide perampingan eselon itu.

Mensesneg juga menegaskan perampingan eselon tidak perlu menjadi kekhawatiran berlebih bagi para aparatur negara.

Sebab ide tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan pengurangan pegawai, penurunan pangkat, berkurangnya ruang kenaikan pangkat, apalagi sampai kepada berkurangnya penghasilan.

Mensesneg Pratikno menjelaskan, perampingan eselon atau justru pemangkasan jabatan eselon, membuka peluang seluas-luasnya bagi para ASN untuk menempati jabatan fungsional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close