Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Presiden Jokowi Belum Tentu Dukung Calon PDIP di Pilpres 2024

Kamis, 20 Mei 2021 – 14:14 WIB
Presiden Jokowi Belum Tentu Dukung Calon PDIP di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo. Foto: IG @jokowi

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, segala kemungkinan sangat mungkin terjadi pada pelaksanaan Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Termasuk, Presiden Joko Widodo belum tentu mendukung pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan, meski Jokowi maju pada Pilpres 2014 dan 2019 sepenuhnya atas dukungan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu.

"Jokowi belum tentu mendukung pasangan yang diusung PDIP. Saya kira banyak pihak tahu, hubungan PDIP dengan Jokowi juga naik turun, panas dingin," ujar Ujang kepada JPNN.com, Kamis (20/5).

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia ini menegaskan, dalam politik hal-hal yang sepertinya terjalin erat, bisa jadi tidak akan satu pendapat menjelang pilpres nantinya.

Karena semua menyangkut kepentingan. Baik itu kepentingan perorangan, kepentingan kelompok, golongan, maupun kepentingan masyarakat secara luas.  

"Di politik apa pun bisa terjadi. Termasuk Jokowi belum tentu dukung pasangan yang diusung PDIP. Bisa saja Jokowi punya jago sendiri," ucap Ujang.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini lebih lanjut memprediksi, mantan gubernur DKI Jakarta kemungkinan akan mendukung pasangan yang dinilai dapat mengamankannya ketika tak lagi menjabat sebagai presiden nantinya.

"Saya kira satu hal yang kemungkinan terjadi, Jokowi akan mendukung calon yang bisa mengamankannya secara politik, ketika dia sudah tak menjabat sebagai presiden lagi," katanya.

Presiden Joko Widodo diprediksi belum tentu akan mendukung pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan di Pilpres 2024 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close