Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pro Kontra Mudik Lebaran, Zainut MUI: Rasulullah saja Rindu Kota Kelahirannya

Senin, 08 April 2024 – 14:49 WIB
Pro Kontra Mudik Lebaran, Zainut MUI: Rasulullah saja Rindu Kota Kelahirannya - JPNN.COM
Zainut Tauhid. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lebaran Idulfitri sudah di depan mata. Jakarta pun mulai lengang karena ditinggal mudik sebagian besar warganya. 

Mudik atau perjalanan ke kampung halaman telah menjadi tradisi dan fenomena yang selalu terjadi di setiap kali lebaran tiba. 

Ada yang beranggapan mudik sangat diwajibkan karena saatnya bersilaturahmi dengan keluarga, atau salah satu bentuk bakti terhadap orang tua dan saudara.

Ada juga yang menganggap mudik sebagai sebuah tradisi, dan tidak ada keharusan dalam Islam.

Bagaimana sebenarnya mudik jika dilihat dari pandangan agama Islam? Apakah mudik berlandaskan atas kesadaran relijiusitas dalam hal ini agama atau sekadar budaya?

Wakil Wantim Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi menjelaskan dalam memaknai mudik lebaran ini umat Islam tidak perlu menjadikan polemik atau pro kontra, apalagi saling menyalahkan sehingga menimbulkan perpecahan di antara umat Islam.

"Mudik lebaran memang tidak masuk katagori ibadah mahdhah atau ibadah yang sudah ditentukan aturannya dalam Al-Qur'an maupun al-Hadits, seperti salat, zakat, dan haji, " kata Zainut di Jakarta, Senin (8/4). 

Mudik lebaran itu masuk dalam katagori ibadah ghairu mahdhah  yang diartikan sebagai ibadah yang tidak ditentukan aturannya baik di A-Qur'an maupun al-Hadits.

Pro kontra mudik lebaran, Zainut MUI mengatakan Rasulullah saja rindu kota Kelahirannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close