Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Produk Impor Bikin Industri Meter Air Domestik Terjepit

Minggu, 05 Mei 2019 – 13:22 WIB
Produk Impor Bikin Industri Meter Air Domestik Terjepit - JPNN.COM
Progress pembangunan sarana air bersih di desa Sidomulyo Krian. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Persaingan industri meter air dalam negeri semakin ketat seiring membanjirnya produk asing dalam beberapa waktu terakhir.

Industri domestik pun semakin kesulitan karena harga meter air impor lebih murah dibandingkan produk dalam negeri.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Produsen Meter Air Indonesia (Apmaindo) Irwan S. Prayugo menyatakan bahwa regulasi pemerintah menghambat perkembangan industrinya.

Aturan lelang yang merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, menurut dia, menambah ruwet peta persaingan. Bahkan, aturan itu bisa memicu lahirnya monopoli.

’’Berdasar perpres terbaru tersebut, lelang bisa menyebut merek tertentu. Artinya, produsen lain yang tidak disebutkan dalam berkas lelang tidak akan pernah bisa ikut lelang meskipun harganya murah,’’ ucap Irwan, Jumat (3/5).

Aturan itu, menurut dia, juga mengancam keberadaan produk dalam negeri. Terutama jika merek yang disebutkan dalam lelang berasal dari luar negeri.

Dia menyayangkan aturan yang tidak melindungi produk dalam negeri sendiri tersebut.

Padahal, sebelumnya telah banyak aturan yang mendorong penggunaan barang produksi dalam negeri seperti adanya sertifikasi standar nasional Indonesia (SNI) dan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Persaingan industri meter air dalam negeri semakin ketat seiring membanjirnya produk asing dalam beberapa waktu terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close