Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prof. Mega

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Kamis, 10 Juni 2021 – 11:35 WIB
Prof. Mega - JPNN.COM
Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Megawati Soekarnoputri dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan di Universitas Pertahanan dengan gelar profesor di bidang ilmu pertahanan.

Dengan gelar ini lengkap sudah deretan gelar yang disandang Mega. Sebelumnya, dia sudah punya delapan gelar doktor kehormatan.

Dengan tambahan gelar professor di belakang namanya berarti ada sembilan gelar yang dipajang di belakang nama Megawati.

Ini tentu sebuah capaian yang luar biasa, karena Mega tidak pernah menyelesaikan pendidikan sarjana S1. Ijazah formalnya hanya SMA.

Mega tercatat pernah menjadi mahasiswa Universitas Padjadjaran, Bandung pada 1965, tetapi kuliahnya terbengkalai karena situasi politik yang kacau ketika itu.

Kemudian Mega berkuliah di Universitas Indonesia, Jakarta pada 1970, tetapi tidak berhasil menyelesaikan kesarjanaannya.

Delapan gelar doktor S3 dan satu gelar profesor semua didapat oleh Mega sebagai pemberian dari berbagai kampus. Gelar-gelar ini disebut sebagai honoris causa, atau gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang dianggap mempunyai jasa dalam bidang tertentu.

Pada 2020 yang lalu Puan Maharani, anak Megawati, juga memperoleh gelar doktor kehormatan dari Universitas Diponegoro.

Jangan sampai mereka berpikir bahwa cukup lulus SMA saja lalu menjadi ketua umum partai, maka berbagai gelar akademik pun datang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close