Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Profil Zulkifli Zaini, Putra Bukittinggi jadi Dirut PLN

Selasa, 24 Desember 2019 – 07:59 WIB
Profil Zulkifli Zaini, Putra Bukittinggi jadi Dirut PLN - JPNN.COM
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12/2019). Foto: ANTARA/ Zubi Mahrofi

jpnn.com, JAKARTA - Berikut ini profil Zulkifli Zaini yang ditetapkan sebagai Dirut PLN (Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara) menggantikan Sripeni Inten Cahyani yang selama ini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) PLN sejak Agustus 2019.

Zulkifli Zaini pernah menjabat Direktur Utama Bank Mandiri untuk periode 2010-2013. Zulkifli mengawali karier sebagai bankir sejak 1983 di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), salah satu bank BUMN yang melebur menjadi Bank Mandiri.

Setelah tidak lagi di Bank Mandiri, ia juga sempat menjadi Komisaris Independen Bank Negara Indonesia (Persero) pada 2015-2016.

Saat ini, Zulkifli masih tercatat sebagai Komisaris Independen PT Bank Permata Tbk sejak 2017 yang baru saja diakuisisi Bangkok Bank asal Thailand.

Peraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1980 itu bukanlah sosok baru di bidang kelistrikan. Tercatat, Zulkifli sempat menjadi Komisaris PT PLN (Persero) (Juli 2013-April 2015). Artinya, Zulkifli telah mengerti seluk-beluk bisnis listrik di Indonesia.

Pemerintah berharap, pria kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat pada 13 Januari 1956 ini mampu membawa PLN menjadi lebih baik ke depannya.

"Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya," ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

PLN bakal memiliki tugas yang berat mulai dari merealisasikan rasio elektrifikasi 100 persen di Indonesia hingga menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat maupun industri.

Berikut ini profil Zulkifli Zaini, alumnus IPB tahun 1980 yang menduduki jabatan Dirut PLN, sudah paham soal bisnis kelistrikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close