Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Program Pemerintah Dana Indonesiana Bikin Sineas Luar Negeri Iri

Rabu, 14 Agustus 2024 – 10:54 WIB
Program Pemerintah Dana Indonesiana Bikin Sineas Luar Negeri Iri - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Dana Indonesiana konon bikin sineas negara lain cemburu.

Sejak pertama diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pada 2022, program tersebut menuai dukungan positif dari pegiat budaya maupun seniman di Tanah Air.

Kebijakan Dana Indonesiana dari Nadiem Makarim memang diperuntukkan kepada budayawan serta seniman guna menyokong mereka berkarya sehingga terwujud Merdeka Berbudaya dan pemajuan kebudayaan Indonesia, tanpa khawatir terkendala pendanaan.

Dana Indonesiana merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Episode 18 yang kala peluncuran perdana mengusung semangat “Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana”.

Melalui Dana Indonesiana, ingin dicapai perluasan kerja budaya berkelanjutan sekaligus mendorong pemajuan kebudayaan.

Sejumlah capaian positif berhasil dilakukan berkat dukungan Program Dana Indonesiana, antara lain dari sektor perfilman Tanah Air.

Tercatat pada 2023 jadi capaian tertinggi industri perfilman Indonesia sebab dengan dukungan Dana Indonesiana sebanyak 50 karya film nasional berhasil tampil pada 24 festival film internasional di 18 negara.

Nadiem Makarim mengemukakan, ketersediaan Dana Indonesiana amat berperan penting dalam revitalisasi kegiatan ekspresi budaya Indonesia sehingga pekerja kreatif budayawan dan seniman tidak kehilangan tumpuan hidupnya.

Sineas Indonesia, merasa sungkan ketika bincang-bincang dengan pelaku film dari negara lain gegara Dana Indonesiana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA