Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Protes Kalangan Pengacara Pakistan Memuncak

Kamis, 12 Maret 2009 – 16:00 WIB
Protes Kalangan Pengacara Pakistan Memuncak - JPNN.COM
RANTAI - Salah seorang pengacara Pakistan yang terlibat unjuk rasa, melilitkan rantai di tangannya sebagai lambang ketidakadilan, dalam aksi massa pendahuluan yang mereka gelar di Karachi, Selasa (10/3). Foto: AP Photo/Shakil Adil.
KARACHI - Ratusan pengacara Pakistan dan kelompok pendukung mereka, hari ini mulai memasuki bis-bis di Karachi yang akan membawa mereka ke tujuan akhir, Islamabad. Di ibukota negara tersebut, mereka akan mendesak pemerintah untuk segera mengembalikan status para hakim yang diberhentikan oleh pemerintahan sebelumnya.

Kelompok berjumlah antara 300-500 orang pengacara ini sendiri, merupakan bagian massa yang lebih banyak - mencapai ribuan orang - yang memulai perjalanan panjang (long march) empat hari mereka hari ini, menuju ke Islamabad. Di sana, pada hari Senin yang akan datang, para pengunjukrasa ini berencana hendak melakukan aksi duduk massal di gedung parlemen.

"Pergerakan kami adalah sebuah aksi damai," ungkap salah seorang penyelenggara aksi, Rasheed Razvi, yang juga adalah Presiden Asosiasi Pengadilan Tinggi Sindh. "Waktu kami melakukan protes terakhir kali, ada ratusan ribu orang yang ikut dan tidak sehelai rumput pun rusak; tak selembar daun pun patah," katanya.

Sejumlah besar personil kepolisian tampak memblokir beberapa jalan di Karachi, khususnya untuk mencegah terjadinya gangguan terhadap rutinitas warga. Namun secara umum, mereka membiarkan para pengunjuk rasa menjalankan aksinya.

loading...