Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Psikolog Sebut Kekuasaan Bisa Memengaruhi Seseorang Berperilaku

Kamis, 02 November 2023 – 21:46 WIB
Psikolog Sebut Kekuasaan Bisa Memengaruhi Seseorang Berperilaku - JPNN.COM
Psikolog Universitas Bhayangkara, Hanna Rahmi menilai kekuasaan bisa memengaruhi seseorang berperilaku. Foto: Humas Setkab/Agung

jpnn.com, JAKARTA - Psikolog Universitas Bhayangkara, Hanna Rahmi menilai kekuasaan bisa memengaruhi seseorang berperilaku. Hal ini disampaikan Hanna merespons isu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang dalam lingkaran yang membentuk budaya toxic relationship.

Hanna Rahmi menyatakan sikap Jokowi telah menggambarkan adanya toxic relationship di dalam pemerintahan. Ia menyebut toxic relationship pada dasarnya adalah kegiatan untuk saling mempengaruhi.

Dan untuk dunia politik, sebutan toxic relationship lebih berkaitan pada proses di mana kekuasaan diambil dan digunakan dalam masyarakat. Maka dari itu, keputusan presiden untuk mendorong anaknya menjadi pemimpin Indonesia pun sebagai satu tindakan yang memaksakan situasi.

“Kondisi kerja yang toksik mendorong Jokowi untuk bertanggung jawab atas keadaan tersebut,” ucap Hanna, Kamis (2/11).

Hanna menganggap Jokowi telah melupakan prinsip moral dan etika politik sesungguhnya karena terlalu dalam berada dalam jebakan toxic relationship. Ia menggambarkan bagaimana tindakan melawan hal-hal yang dianggap tidak etis oleh masyarakat dari Jokowi sebagai bukti lain dari adanya paparan keburukan yang diterima presiden dari lingkungannya saat ini.

“Dalam psikologi, toksisitas di lingkungan kerja biasanya merujuk pada situasi di mana kondisi psikologis atau emosional seseorang terpengaruh secara negatif oleh faktor-faktor tertentu di lingkungan kerja,” jelas Hanna.

Hanna juga menerangkan toxic relationship dalam sebuah organisasi bisa dilihat dari bagaimana penyalahgunaan kekuasaan melalui orang-orang yang dekat dengan pemimpinnya. Dari situ dapat dilihat, siapa dan apa tujuannya untuk membuat pemimpin bisa larut dalam toxic relationship.

“Kekuasaan dapat memengaruhi cara seseorang berperilaku dan mengambil keputusan. Orang yang memiliki kekuasaan sering mengambil keputusan yang menguntungkan posisi mereka,” pungkas Hanna. (Tan/JPNN)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Hanna menganggap Jokowi telah melupakan prinsip moral dan etika politik sesungguhnya.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close