Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PT. Askes Harus Sosialisasikan Asuransi Miskin

Kamis, 04 September 2008 – 19:25 WIB
PT. Askes Harus Sosialisasikan Asuransi Miskin - JPNN.COM
JAKARTA – Kalangan Komisi IX DPR RI meminta PT Askes agar mensosialisasikan kepesertaan asuransi kesehatan (askes) kepada para  gelandangan, pengemis, anak telantar dan masyarakat miskin lainnya.

“Ini perlu agar mereka tahu apa itu askes,” kata Wakil Ketua Komisi IX Kasmawati Tahir Z. Basalamah (Fraksi PBR) saat rapat dengar pendapat dengan Dirut PT. Askes (Persero) I Gede Subawa di Gedung Nusantara I, DPR/MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (4/9).

Kasmawati menyarankan PT. Askes bekerjasama dengan Departemen Sosial untuk melakukan sosialisasi itu. “Sosialisasi ini juga untuk mempermudah akses mereka dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Kasmawati lagi.

Anggota Komisi IX Tisnawati Karna (F-PG) mengatakan bahwa pemegang kartu askes telah diberikan buku petunjuk. Tapi, belum tentu semua pemegang kartu tersebut dapat mengerti. “Untuk itu perlu sosialisasi supaya peserta dapat betul-betul mengetahui hak-haknya,” kata dia.

Tisna sempat mempertanyakan jumlah gelandangan, pengemis dan anak telantar yang menjadi peserta askes. “Kalau mereka tidak terdaftar, lalu kalau sakit siapa yang menanggung biaya perawatan?” katanya dengan nada tanya.

Di sisi lain, para anggota dewan juga mempermasalahkan soal perbedaan tarif yang dikenakan bagi pemegang askes oleh rumah sakit. Ternyata masing-masing  rumah sakit punya tarif sendiri, sehingga banyak peserta askes yang mencari rumah sakit yang memberikan biaya termurah bagi peserta askes.

JAKARTA – Kalangan Komisi IX DPR RI meminta PT Askes agar mensosialisasikan kepesertaan asuransi kesehatan (askes) kepada para  gelandangan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA