Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Punya Dua Senjata Nuklir Baru, AL Rusia Makin Mengerikan

Senin, 27 Juli 2020 – 05:55 WIB
Punya Dua Senjata Nuklir Baru, AL Rusia Makin Mengerikan - JPNN.COM
Kapal perang Rusia. Foto: Reuters

jpnn.com, MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa angkatan laut akan diperkuat dengan rudal nuklir hipersonik dan drone bawah laut bertenaga nuklir. Kementerian Pertahanan Rusia menyebut senjata baru itu telah memasuki uji coba tahap air.

Putin sering mengatakan ia tidak menghendaki adanya kompetisi mengembangkan senjata. Namun, presiden Rusia itu kerap membahas generasi baru senjata nuklir Rusia, yang menurut dia, tidak tertandingi dan dapat menyerang berbagai jenis sasaran di seluruh wilayah dunia.

Beberapa pengamat di negara-negara barat mempertanyakan seberapa canggih persenjataan Rusia.

Senjata baru yang disebut Putin, di antaranya Poseidon, drone bawah laut bertenaga nuklir yang dirancang untuk memperkuat kapal selam; dan Tsirkon (Zirkon), rudal jelajah hipersonik untuk mempersenjatai kapal Angkatan Laut.

Rudal jelajah itu menggabungkan sejumlah kemampuan seperti kecepatan, daya manuver, dan kemampuan terbang tinggi, sehingga Tsirkon dapat melaju lebih dari lima kali kecepatan suara. Artinya, Tsirkon diyakini akan sulit dilacak dan disadap.

Putin mengatakan angkatan laut Rusia bertumbuh dan akan diperkuat 40 kapal baru pada 2020. Informasi itu ia sampaikan saat memberi sambutan pada parade tahunan angkatan laut di St. Petersburg.

Dalam parade tahunannya, Angkatan Laut memamerkan kapal-kapal terbaik Rusia, kapal selam nuklir, dan pesawat tempur.

Putin belum menyebut kapan senjata hipersonik akan tiba di Rusia, tetapi ia menyampaikan Poseidon akan datang dalam waktu dekat.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa angkatan laut negara itu akan diperkuat dua senjata nuklir baru

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close