Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Putu Rudana BKSAP Bicara Kesetaraan Gender di Sidang WAIPA

Sabtu, 08 Juli 2023 – 22:37 WIB
Putu Rudana BKSAP Bicara Kesetaraan Gender di Sidang WAIPA - JPNN.COM
Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Supadma Rudana bicara soal kesetaraan gender di parlemen dalam sidang WAIPA di Jakarta. Foto: dok. BKSAP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menyebut kesetaraan gender di Parlemen Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara di kawasan ASEAN.

Putu menyampaikan itu dalam Sidang Coordinating Committee of Women Parliamentarians of ASEAN Inter - Parliamentary Assembly (WAIPA) di Jakarta, Jumat (7/7).

Oleh karena itu, kata Putu, sidang WAIPA harus mendorong Parlemen ASEAN untuk menciptakan kebijakan affirmative yang mengatur keterlibatan perempuan di parlemen sedikitnya 30 persen.

"Hal ini akan kami bawa ke Sidang Umum AIPA sebagai resolusi bersama pada Agustus 2023," ujar legislator asal Bali itu dikutip dari siaran persnya.

Putu Rudana mengatakan memperjuangan kesetaraan gender bukan hanya perjuangan perempuan saja, tetapi juga laki-laki.

Hal konkret yang perlu dilakukan adalah harus adanya kepercayaan dan dukungan dari laki-laki kepada perempuan di parlemen dengan memberikan ruang yang maksimal di politik.

Selain itu, partai politik pun harus lebih serius memperhatikan rekrutmen perempuan bukan hanya sekadar formalitas untuk melengkapi nomor urut dan kuota saja.

"Partai politik harus menghadirkan sosok perempuan yang berkualitas dan mumpuni," ucap legislator Partai Demokrat itu.

Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Supadma Rudana bicara soal kesetaraan gender di parlemen dalam forum WAIPA di Jakarta. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close