Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Qodari Merespons Rencana 33 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Prabowo - Gibran

Sabtu, 19 Oktober 2024 – 21:52 WIB
Qodari Merespons Rencana 33 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Prabowo - Gibran - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari ikut pembekalan calon wakil menteri di Hambalang. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengapresiasi rencana kehadiran 33 keoala negara sahabat dan negara-negara mitra ASEAN pada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024).

“Saya mengapresiasi rencana kehadiran 33 kepala negara dalam pelantikan Prabowo - Gibran besok. Hal tersebut sangat penting untuk menunjukkan bahwa tingkat dukungan politik kepada Pak Prabowo bukan hanya datang dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Dukungan itu sangat luas karena mencapai 33 kepala negara,” ujar Qodari, Sabtu (19/10/2024).

Qodari mengatakan dari dalam negeri sendiri, dukungan masyarakat terhadap Prabowo – Gibran sangat tinggi jika dilihat dari dua indikator. Pertama, dukungan dari mayoritas partai politik yang solid mendukung pemerintah.

“Bahkan, dukungan dari dalam negeri dapat dilihat dari berbagai indikator. Pertama, dukungan dari berbagai partai politik. Semua partai politik mendukung Pak Prabowo dan Mas Gibran, termasuk partai-partai yang tidak memiliki wakil di kabinet seperti Partai Nasdem," ungkapnya.

Qodari menjelaskan meskipun Nasdem tidak menyetorkan nama untuk masuk ke dalam kabinet, Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, sudah berkomitmen untuk mendukung pemerintahan mendatang setelah bertemu dengan Prabowo di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) belum lama ini.

“Namun, Partai Nasdem berjanji tetap mendukung Pak Prabowo sebagaimana terlihat dari pernyataan Surya Paloh dan kehadiran Surya Paloh dalam pertemuan dengan Prabowo dua hari yang lalu di Kemenhan,” kata Qodari.

Indikator kedua, kata Qodari, adalah dukungan dan optimisme masyarakat terhadap kepemimpinan Prabowo yang sangat tinggi, tercermin dalam survei terbaru dari dua lembaga survei kredibel, yaitu Indikator Politik dan Litbang Kompas.

“Berikutnya adalah tingkat keyakinan atau optimisme masyarakat Indonesia terhadap kepemimpinan Pak Prabowo yang mencapai 83,4% menurut survei Indikator. Angka 84,1% juga terlihat dari rilis survei Kompas pada bulan September yang terbit di Kompas hari ini. Tingkat dukungan masyarakat kepada Pak Prabowo juga sangat tinggi, yaitu 84,1%,” katanya.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengapresiasi rencana kehadiran 33 keoala negara sahabat pada pelantikan presiden dan wapres terpilih Prabowo-Gibran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA