Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rahaf Terancam Dibunuh Keluarganya, PBB Turun Tangan

Rabu, 09 Januari 2019 – 09:00 WIB
Rahaf Terancam Dibunuh Keluarganya, PBB Turun Tangan - JPNN.COM
Rahaf Mohammed Al Qunun (kaus hitam), gadis 18 tahun asal Arab Saudi yang lari dari rumah lantaran diancam akan dibunuh oleh keluarganya. Foto: EPA/Imigrasi Thailand

jpnn.com, BANGKOK - . Tepatnya, organisasi yang mengurusi para pengungsi, UNHCR. Thailand pun berkomitmen untuk membantu pengajuan suaka Rahaf.

Perwakilan UNHCR di Thailand, Giuseppe de Vincentiis, mengatakan bahwa pengajuan suaka membutuhkan proses yang tidak sederhana. Saat ini Rahaf menjalani seleksi tahap awal. Yakni, wawancara.

''Kami butuh waktu untuk mempertimbangkan kelayakannya sebagai pencari suaka,'' ungkapnya sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (8/1). Proses itu akan berlangsung selama beberapa hari.

Setelah Rahaf dinyatakan layak menjadi pencari suaka, UNHCR akan membantu dia mencari negara yang bersedia menampungnya. ''Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah Thailand karena tidak memaksanya pulang,'' ujar Vincentiis.

Hingga kemarin, dukungan untuk Rahaf terus mengalir. Di Inggris ada petisi yang berisi desakan kepada pemerintah untuk menampung Rahaf.

Seperti Inggris, Australia pun memberikan sinyal positif untuk Rahaf. Tapi, The Guardian melaporkan bahwa visa Australia milik Rahaf sudah hangus.

''Saya baru mendengar kabar soal visa itu. Saya tidak tahu apa penyebabnya. Mereka (pemerintah Australia, Red) belum menjelaskan kepada saya,'' ujar Sophie McNeill. Dia adalah jurnalis ABC yang menjadi salah seorang pendamping Rahaf saat mengunci diri di kamar hotelnya Senin (7/1).

Kabar itu membuat senator Australia, Sarah Hanson-Young, mendesak pemerintah segera menerbitkan dokumen perjalanan darurat untuk Rahaf.

Rahaf Mohammed Al Qunun, gadis 18 tahun asal Arab Saudi yang tertahan di Thailand setelah minggat dari rumah, kini berada dalam perlindungan PBB

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Nasional

    Iran Membela Diri, Lalu Serang Pangkalan Militer Israel

    Minggu, 14 April 2024 – 20:08 WIB
    Iran Membela Diri, Lalu Serang Pangkalan Militer Israel - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Kafe Kaifa

    Senin, 08 April 2024 – 13:06 WIB
    Kafe Kaifa - JPNN.com
  • Sepak Bola

    Timnas U-23 Indonesia Takluk dari Arab Saudi

    Sabtu, 06 April 2024 – 03:20 WIB
    Timnas U-23 Indonesia Takluk dari Arab Saudi - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Said Abdullah

    Senin, 25 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Said Abdullah - JPNN.com
X Close