Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rakorda Balitbangda Kaltim, Kepala BSKDN: Terapkan Inovasi dalam Program Prioritas Daerah

Selasa, 16 Mei 2023 – 19:30 WIB
Rakorda Balitbangda Kaltim, Kepala BSKDN: Terapkan Inovasi dalam Program Prioritas Daerah - JPNN.COM
Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo saat Rakorda Balitbangda Kaltim dengan tema "Kolaborasi Pengembangan Riset dan Inovasi Daerah untuk Nusantara", Selasa (16/5). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (BSKDN Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengatakan, program prioritas daerah merupakan agenda pembangunan daerah yang menjadi tonggak capaian menuju sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Dalam pelaksanaan pembangunan tersebut, kata Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo, daerah kerap dihadapkan dengan masalah keterbatasan dana.

Untuk itu, daerah perlu menerapkan inovasi dalam setiap program priortiasnya. Tidak terkecuali bagi Provinsi Kalimantan Timur yang perlu terus meningkatkan inovasi dalam setiap program prioritas yang telah ditetapkan.

Yusharto Huntoyungo menyampaikan hal tersebut saat menjadi narasumber Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan tema "Kolaborasi Pengembangan Riset dan Inovasi Daerah untuk Nusantara".

Rakorda tersebut berlangsung secara daring dari Ruang Video Conference BSKDN pada Selasa, 16 Mei 2023.

Lebih lanjut Yusharto mengatakan pada tahun 2022 nilai Indeks Inovasi Daerah (IID) Provinsi Kalimantan Timur tergolong baik karena masuk dalam kategori daerah inovatif.

Kendati demikian, Yusharto mengimbau Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim agar lebih memperhatikan sebaran inovasi pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di wilayah Kaltim.

Yusharto menjelaskan, upaya penyebaran inovasi yang merata dapat dimulai dari adanya perjanjian kinerja yang memuat kesepakatan yang mewajibkan setiap OPD agar menerapkan paling sedikit satu inovasi.

Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo menjadi narasumber rakorda Balitbangda Kaltim. Ini pesan yang disampaikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close