Alexa Analytics
Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramalan Prof. Bambang soal Ekonomi Indonesia di Masa Mendatang, Bikin Kaget

Sabtu, 31 Juli 2021 – 21:54 WIB
Ramalan Prof. Bambang soal Ekonomi Indonesia di Masa Mendatang, Bikin Kaget - JPNN.COM
Guru Besar FEB UI Bambang Brodjonegoro meramalkan nasib ekonomi Indonesia. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro memprediksi Indonesia akan mempunyai Produk Domestik Brutto (PDB) terbesar keempat di dunia pada 2050.

"Angka pendapatan USD 28,934 juta untuk 320 juta penduduk," ujar eks Menteri Riset dan Teknologi itu pada penyelenggaraan Kegiatan Awal Mahasiswa Baru (KAMABA), Universitas Indonesia (UI) dalam sesi kuliah umum bertajuk “Merawat & Mengembangkan Potensi Indonesia”.

Menurutnya, Indonesia pada 2040-2050 punya kesempatan untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi besar dunia, setelah Cina, India, dan Amerika Serika.

Hal itu didapatkan melalui bonus demografi, di mana jumlah usia produktif (17-60 tahun) di Indonesia akan sangat besar.

Prof. Bambang menyebut pada 2050 eletrifikasi/jumlah akses listrik di Indonesia akan mencapai 1 juta megawatt, fasilitas kesehatan yang meningkat, kunjungan wisatawan mencapai 150 juta orang per tahun.

"Untuk dapat mencapai prediksi-prediksi tersebut, bonus demografi ini harus dikelola menggunakan pendidikan dan penguasaan teknologi-informasi," ungkap Prof. Bambang.

Dia juga merekomendasikan para mahasiswa baru di UI untuk memiliki empat skill milennial yang akan sangat berguna di era digital, yaitu kemampuan memecahkan masalah (problem solving), manajemen diri (self-management), bekerja sama dengan orang lain (working with team), dan kemampuan memahami perkembangan teknologi (technology & development).

Selain itu, eks Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappenas) itu menyatakan perubahan mendasar yang harus dilakukan Indonesia dalam bidang ekonomi ialah mengubah paradigma pembangunan.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro memprediksi perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.


BERITA LAINNYA