Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Hafiz Hebat Ini Belajar di Lapas Paledang

Rabu, 17 Juli 2019 – 20:00 WIB
Ratusan Hafiz Hebat Ini Belajar di Lapas Paledang - JPNN.COM
Alquran. Foto: pixabay

jpnn.com, BOGOR - Pernah dengar nama grup menari El Pale ? jangan berpikir para penari yang menghibur itu seniman profesional dari luar negeri.

Nama El Pale sejatinya dari frasa Lapas Paledang, sebuah lembaga pemasyarakatan di Kota Bogor.

Tapi bukan hanya ‘El Pale’, grup beranggotakan Warga Binaan Pemasyarakatan/ WBP dan sering mendapatkan undangan mengisi acara di tingkat nasional, yang membanggakan dari Lapas Paledang.

Ada pula grup musik marawis yang tak pernah sepi dari undangan pentas. Yang lebih membanggakan, para warga binaan lapas tersebut atas prakarsa sendiri membentuk kelompok santri penghafal Alquran dan belajar ilmu-ilmu agama dengan kurikulum dan silabus yang mereka buat sendiri dengan bergotong royong.

“Sepenuhnya atas prakarsa para warga binaan sendiri,” kata Yuni Sulistiawati, kepala Sub-seksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan Lapas Kelas II A Paledang, Bogor.

“Cukup lengkap, kalau saya bandingkan dengan silabus yang biasa digunakan di sekolah-sekolah Islam terpadu. Ada pembahasan mendalam soal akidah dan akhlak, pembahasan Alquran dan hadits Nabi, fikih dan sebagainya," sambungnya.

Menurut Yuni, dia bersama sejawatnya Oman Fadillah relatif hanya tinggal melakukan pengecekan dan mengontrol. Proses pembelajaran hingga pengaturan teknis, semua ditangani para warga binaan.

“Sudah sekitar dua tahun berjalan, dan lancar-lancar saja,” kata dia.

Warga binaan penghafal Alquran rata-rata usia setengah baya dan memulai dengan juz 30 berisikan surat-surat pendek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close