Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Hektare Lahan Dihantam Abrasi

Rabu, 29 Agustus 2012 – 03:23 WIB
Ratusan Hektare Lahan Dihantam Abrasi - JPNN.COM
BAGANSIAPI-API - Abrasi yang terjadi di sepanjang Sungai Rokan di wilayah Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, tampaknya masih terus terjadi. Sedikitnya tujuh daerah di pinggiran Sungai Rokan di Kecamatan Rimba Melintang telah terkikis akibat abrasi. Ketujuh daerah tersebut yakni Rimba Melintang, Jumrah, Muktijaya, Pematangsikek, Harapanjaya, Langgadai Hilir dan Telupulau Hulu.

  

"Abrasi di sepanjang pinggiran Sungai Rokan di wilayah Kecamatan Rimba Melintang sudah berlangsung lama dan sampai saat ini masih terjadi. Tahun ini saja, ada ratusan hektare lahan di tujuh daerah di Kecamatan Rimba Melintang sudah hilang diterpa abrasi," kata Camat Rimba Melintang, Syamzani yang ditemui Riau Pos, Selasa (28/8) di Bangkopusako.

  

Daerah terparah yang diterpa abrasi adalah Kepenghuluan Pematangsikek. Abrasi tersebut sudah menyentuh bangunan suluk.

"Langkah yang telah diambil oleh masyarakat yakni melaksanakan tolak bala. Kegiatan yang telah dilaksanakan itu, adalah atib togak. Harapan kita, dengan dilaksanakannya tolak bala ini dapat menekan derasnya bencana abrasi itu," kata Syamzani.

  

BAGANSIAPI-API - Abrasi yang terjadi di sepanjang Sungai Rokan di wilayah Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, tampaknya masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close