Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ratusan Rumah di Demak Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Selasa, 23 Februari 2021 – 22:35 WIB
Ratusan Rumah di Demak Rusak Diterjang Angin Puting Beliung - JPNN.COM
Sejumlah relawan BPBD Demak bersama Polisi melakukan evakuasi pohon tumbang dan rumah terdampak puting beliung di Desa Karangsono, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (23/2/2021). Foto: ANTARA/HO-BPBD Demak

jpnn.com, DEMAK - Ratusan rumah rusak akibat diterjang angin puting beliung disertai hujan deras di Desa Karangsono, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (23/2/2021).

Satu rumah warga setempat bahkan roboh dan memaksa penghuninya mengungsi.

"Peristiwa puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 14.45 WIB, yang diawali dengan turun hujan kemudian disertai tiupan angin kencang sehingga mengakibatkan rumah-rumah warga mengalami kerusakan hingga ada yang roboh," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak Agus Nugroho.

Ia mengungkapkan tim BPBD sudah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi warga terdampak di Balai Desa Karangsono, Kecamatan Mranggen, dan gedung sekolah TK.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan makan dan minum warga terdampak, BPBD Demak juga mendirikan dapur umum secara darurat.

Tim medis juga didatangkan untuk mengecek kesehatan warga terdampak, guna memastikan ada tidaknya warga yang terluka.

Hujan deras tidak hanya mengakibatkan rumah warga rusak, sejumlah pohon juga ada yang roboh dan batang-batang pohon berserakan di jalanan karena patah dan tertiup angin.

Sementara itu, Kapolsek Mranggen AKP M. Sigit Hadi menambahkan bahwa selain banyak rumah rusak dan pohon tumbang, jaringan PLN juga tercatat ada yang rusak.