Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rayakan Berkuasanya Partai Komunis, Tiongkok Pamer Rudal Antarbenua Terbaru

Selasa, 01 Oktober 2019 – 14:30 WIB
Rayakan Berkuasanya Partai Komunis, Tiongkok Pamer Rudal Antarbenua Terbaru - JPNN.COM
Rudal mutakhir China DF-41 menunjukkan debutnya di Parade Militer Hari Nasional di Beijing, Selasa (1/10). Foto: ANTARA/HO-Lingzhi GT

jpnn.com, BEIJING - Pemerintah Tiongkok memperingati 70 tahun berkuasanya partai komunis alias Hari Nasional dengan menggelar parade militer di Beijing, Selasa (1/10). Pada kesempatan itu, angkatan bersenjata Tiongkok  memamerkan peluru kendali antarbenua mereka, DF-41.

Sebanyak 16 unit peluncur rudal jenis DF-41 berjalan beriringan di depan ribuan warga yang menyemut di sekitar Lapangan Tiananmen untuk memperingati ulang tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok itu.

"Itu salah satu rudal terbaru Tiongkok," kata Atase Pertahanan Kedutaan Besar RI di Beijing Brigadir Jenderal TNI Kuat Budiman kepada Antara.

Misil DF-41 tersebut memiliki daya jelajah lebih dari 14.000 kilometer dan dapat mengangkut sekitar 10 hulu ledak nuklir yang bisa mengarah ke mana saja di muka bumi ini.

Pusat Strategi dan Studi Internasional (CSIS) mencatat rudal terbaru milik Tiongkok itu memiliki daya jelajah yang lebih panjang daripada LGM-30 Minuteman milik AS yang hanya mampu menjangkau 13.000 kilometer.

DF-41 ini merupakan rudal balistik dengan kemampuan jelajah terpanjang dalam sejarah militer Tiongkok. "Riset dan pengembangan rudal ini sangat sukses. Selama uji coba, tak pernah mencatat kegagalan," kata pakar teknologi rudal Tiongkok, Yang Chengjun dikutip Global Times.

Dalam puncak perayaan Hari Nasional itu Presiden Xi Jinping melakukan inspeksi semua persenjataan dan perangkat militer di Tiananmen yang merupakan titik nol kilometer Beijing tersebut.

Berdiri di atas mobil Limosin kap terbuka, Xi yang juga sekretaris jenderal Partai Komunis Tiongkok (CPC) dan kepala Komisi Pusat Militer (CMC) mengawali inspeksi dipandu Yi Xiaoguang selaku komandan parade militer.

Pemerintah Tiongkok memperingati 70 tahun berkuasanya partai komunis alias Hari Nasional dengan menggelar parade militer di Beijing, Selasa (1/10).

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Kerelaan Anda

    Minggu, 23 Oktober 2022 – 07:07 WIB
    Kerelaan Anda - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Kado Muktamar

    Minggu, 16 Oktober 2022 – 07:07 WIB
    Kado Muktamar - JPNN.com
  • Nasional

    Alasan Dahlan Iskan Meragukan Kudeta terhadap Xi Jinping

    Senin, 26 September 2022 – 10:45 WIB
    Alasan Dahlan Iskan Meragukan Kudeta terhadap Xi Jinping - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Kudeta Sepi

    Senin, 26 September 2022 – 07:09 WIB
    Kudeta Sepi - JPNN.com
X Close