Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rayakan Ultah, Pasukan Elite Iran Sukses Orbitkan Satelit Militer

Rabu, 22 April 2020 – 15:28 WIB
Rayakan Ultah, Pasukan Elite Iran Sukses Orbitkan Satelit Militer - JPNN.COM
Salah satu roket untuk misi angkasa luar di Pusat Antariksa Nasional Imam Khomeini di lokasi yang dirahasiakan. Foto: IRNA

jpnn.com, TEHRAN - Iran kembali memamerkan kemajuannya di bidang teknologi. Negeri Para Mullah itu baru saja sukses mengirim satelit militernya ke orbit.

Satelit bernama Noor-1 itu dikendalikan langsung oleh Korps Garda Revolusi Islam. Peluncurannya menggunakan roket Qassed (artinya utusan) pada Rabu (22/4) pagi, bertepatan dengan perayaan ulang tahun pasukan elite Iran itu.

“Satelit pertama Republik Islam Iran telah sukses diluncurkan ke orbit,” ujar pernyataan di situs resmi Garda Revolusi Islam. Selanjutnya, Noor-1 mengorbit di ketinggian 425 kilometer di atas Bumi.

Untuk diketahui, mendiang mantan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ruhullah Khomeini membentuk Garda Pengawal Revolusi Islam melalui sebuah dekrit pada 22 April 1979. Pasukan elite itu telah memainkan peran penting dalam doktrin pertahanan Iran yang berbasis pada pencegahan dan respons tegas pada penyerang termasuk di luar wilayahnya.

Iran yang saat ini didera pandemi virus corona (COVID-19) juga sedang terlibat ketengangan dengan Amerika Serikat (AS). Ketegangan antara dua negeri yang berseteru itu memuncak seiring pernyataan Pentagon yang berisi tuduhan bahwa Iran telah membahayakan armada laut AS di kawasan Teluk Persia.(tehrantimes/ara/jpnn)

Iran kembali memamerkan kemajuannya di bidang teknologi dengan meluncurkan roket untuk mengirimsatelit ke orbit.

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close