Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Digarap Tiongkok, Satelit Palapa N-1 Gagal Mengorbit Akibat Roket Rontok

Sabtu, 11 April 2020 – 06:26 WIB
Digarap Tiongkok, Satelit Palapa N-1 Gagal Mengorbit Akibat Roket Rontok - JPNN.COM
Peluncuran roket Long March 3B pada 2018. Foto: CGWIC

jpnn.com, SICHUAN - Satelit Palapa N-1 milik Indonesia yang dikerjakan Tiongkok gagal mengorbit. Penyebabnya adalah kegagalan roket yang mengantat satelit berbobot 5,55 ton itu ke orbitnya.

Tingkok menggunakan roket Long March 3B untuk membawa Palapa N1. Peluncurannya dilaksanakan pada Kamis (9/4) pukul 19.46 pagi di Xichang Satellite Launch Center, Provinsi Sichuan.

Kantor berita Xinhua mengabarkan, roket tampak dalam kondisi normal pada tahap pertama dan kedua peluncuran. Namun, hal tak normal terjadi pada tahap ketiga.

Puing-puing roket berjatuhan pada tahap ketiga peluncuran. Satelit yang dibawa Long March-3B pun jatuh, sehingga misi gagal.

Palapa N-1 merupakan satelit komunikasi pesanan Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dan Indosat Ooredoo. Pembuatan satelit yang juga dikenal dengan sebutan Nusantara-2 itu dikerjakan oleh China Great Wall Industry Corp (CGWIC).

Sedianya satelit berbobot 5.550 kilogram itu akan melayani komunikasi domestik Indonesia. Di dalamnya ada 20 transponder C-band dan sebuah Ku-band 9.5 Gbps.

Nusantara-2 akan menggantikan Palapa-D. CEO PSN Adi Rahman Adiwoso kepada SpaceNews mengatakan, Nusantara-2 merupakan versi yang ditingkatkan dari satelit Dong Fang Hong 4 (DFH-4) buatan CGWIC.

PSN berencana menggunakan kapasitas Ku-ban untuk broadband. Adapun Indosat akan memakai C-band di Nusantara-2 untuk siaran televisi.

Satelit Palapa N-1 milik Indonesia yang dikerjakan Tiongkok gagal mengorbit setelah roket yang membawanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close