Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Realisasi KPR di Jawa Timur Tumbuh di Atas 10 Persen

Rabu, 01 Agustus 2018 – 06:40 WIB
Realisasi KPR di Jawa Timur Tumbuh di Atas 10 Persen - JPNN.COM
Ilustrasi perumahan. Foto: Toni Suhartono/Indopos/JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Catatan baik ditunjukkan sektor properti di Jawa Timur pada triwulan kedua tahun ini. Terbukti, kredit pemilikan rumah (KPR) mencatat pertumbuhan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Mengacu data Bank Indonesia Jatim, KPR tumbuh 12,22 persen (YoY) pada triwulan kedua 2018.

Kepala Divisi Advisory Ekonomi dan Keuangan BI Jatim Taufik Saleh menyatakan, khusus untuk wilayah Jatim, BI mencatat kinerja sektor properti sampai triwulan II 2018 masih cukup baik. Pertumbuhan KPR Jatim meningkat dari 11,60 persen (YoY) pada triwulan pertama 2018 menjadi 12,22 persen (YoY) pada triwulan kedua 2018.

''Kenaikan itu didorong peningkatan KPR untuk rumah tipe di atas 70 meter persegi. Tumbuh dari 8,37 persen pada triwulan pertama menjadi 12,11 persen pada triwulan kedua,'' jelas Taufik.

Bukan hanya KPR, kredit pemilikan apartemen (KPA) juga mencatat pertumbuhan bila dibandingkan dengan tahun lalu. Terutama untuk tipe di atas 70 meter persegi.

Sementara itu, saat realisasi KPR tumbuh, NPL (non-performing loan/kredit macet) relatif terjaga. Yakni, NPL KPR di tingkat 2,18 persen dan KPA 1,08 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   KPR 
BERITA LAINNYA
X Close