Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rekrutmen CASN 2024, Pemerintah Siapkan Formasi untuk Fresh Graduate dan IKN

Kamis, 14 Maret 2024 – 17:20 WIB
Rekrutmen CASN 2024, Pemerintah Siapkan Formasi untuk Fresh Graduate dan IKN - JPNN.COM
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024 di Jakarta, Kamis (14/3/2024). (ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB)

jpnn.com - JAKARTA - MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan beberapa prioritas SDM untuk memenuhi kebutuhan CASN 2024, salah satunya ialah fresh graduate yang memiliki kemampuan digital, yang menjadi salah satu sasaran yang akan direkrut pada seleksi tahun ini.

KemenPAN-RB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebanyak 1,38 juta, serta sudah ditetapkan formasinya 1,28 juta, untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional 2,3 juta secara bertahap.

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate, dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Pada tahun ini pemerintah membuka ruang untuk fresh graduate yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibanding sebelumnya. Tentu pemerintah juga tetap berkomitmen menuntaskan penataan teman-teman honorer,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Kamis..

Anas mengatakan pemerintah menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate yang akan menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

Menurut dia, arah kebijakan rekrutmen ASN talenta digital didesain berdampak mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM, perdagangan, dan sebagainya.

“Sehingga talenta digital yang akan direkrut bukan hanya pada sektor hilir, seperti digital marketing, tetapi juga di sektor hulu di lini produksi seperti pertanian dengan e-farming untuk melipatgandakan nilai tambah ekonomi lokal dan nasional,” ujar Anas.

Dia mencontohkan pada daerah basis pertanian, pemerintah akan merekrut ASN talenta digitalisasi sektor pertanian untuk membantu para petani lokal.

Menteri Anas mengatakan pemerintah menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate yang menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close