Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Relawan Rahayu Bangun Lumbung Air untuk Korban Gempa Lombok

Jumat, 21 September 2018 – 19:07 WIB
Relawan Rahayu Bangun Lumbung Air untuk Korban Gempa Lombok - JPNN.COM
Politikus Gerindra Rahayu Saraswati menyerahkan bantuan kloset kepada korban gempa Lombok. Foto: Ist

jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Anggota DPR RI Rahayu Saraswati mengunjungi korban gempa di Lombok Utara dan Lombok Timur, Jumat (21/9). Dalam kesempatan itu dia mendengarkan dengan seksama keluhan para korban.

"Keluhan korban rata-rata sama yaitu ketersediaan air bersih, MCK, jumlah bantuan bahan pokok seperti beras yang tidak mencukupi di beberapa titik karena dipukul rata per dusun terlepas dari jumlah penduduk, serta kepastian kapan pembangunan rumah yang rusak," ujar Rahayu di Dusun Karang Bedil, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Kepala Dusun Karang Bedil, Cipto, (40) didampingi sejumlah warga, mengadukan sejumlah hal kepada politisi Gerindra tersebut.

"Bantuan yang kami terima minim. Paling tandon dan tenda BNPB, itu pun hanya satu (tenda) dan sudah rubuh total karena angin puting beliung," ujar Cipto.

Warga juga mengeluhkan langkanya air bersih dilokasi mereka. Awalnya, pemerintah rutin mengirimkan air bersih setiap hari yang ditempatkan di tempat penampungan air (tandon) pemberian Kementerian PUPR. Namun kedatangan bantuan air bersih itu beberapa hari terakhir tidak konsisten.

"Seminggu awal rutin, belakangan, satu hari datang satu hari tidak. Tandonnya juga tidak ada penutupnya, jadi ngga ada yang berani buat minum," ujar Cipto.

Cipto berharap pemerintah mengirim teknisi pipa air untuk segera memperbaiki pipa yang rusak. Lokasi Dusun Bedil dikeliling sawah dan sungai kecil. Namun sungai tersebut tidak bisa dimanfaatkan karena menjadi tempat MCK.

Warga juga mengeluhkan managemen pembagian beras dari kecamatan yang mendasarkan pada jumlah dusun, bukan jumlah warga.

Anggota DPR RI Rahayu Saraswati mengunjungi korban gempa di Lombok Utara dan Lombok Timur, Jumat (21/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close