Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rencana Wali Kota Tidore Kepulauan Bangun Museum Bawah Laut Disambut Baik Bakamla

Rabu, 31 Agustus 2022 – 23:21 WIB
Rencana Wali Kota Tidore Kepulauan Bangun Museum Bawah Laut Disambut Baik Bakamla - JPNN.COM
Pemerintah Kota Tidore kepulauan dan Universitas Indonesia (UI) menggelar audiensi bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI di Kantor Bakamla RI

jpnn.com - Pemerintah Kota Tidore kepulauan dan Universitas Indonesia (UI) menggelar audiensi bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI di Kantor Bakamla RI, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim serta Dosen Fakultas Ilmu Adminisitrasi UI Rachma Fitriati didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Hamid Abd. Latief diterima langsung oleh Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Aan Kurnia beserta jajaran.

“Saya bersama Pak Wali Kota Tidore Kepulauan menyampaikan ke Pak Bakamla terkait bagaimana membangun sinergitas dan kolaborasi antara Pemkot Tidore Kepulauan dengan Bakamla untuk membuat sebuah sistem keamanan dan keselamatan laut yang baik di perairan Tidore, terutama terkait dengan pengamanan situs Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) peninggalan Spanyol pada abad 16,” ujar Rachma Fitriati di Aula Bakamla, Rabu (31/8).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim menyampaikan bahwa pihaknya kini tengah menggencarkan sosialisasi dan promosi perihal wisata laut berkelas dunia yang menjadi destinasi unggulan kota Tidore Kepulauan untuk membangun daya saing daerah.

Bahkan, kata Ali, pihaknya juga sedang menginisiasi pembangunan museum atau situs bawah laut mengingat banyaknya potensi wisata bahari yang dapat mengangkat pariwisata Maluku Utara ke kancah internasional.

“Saat ini kami sedang menggagas pembangunan museum bawah laut dimana nantinya akan diperlihatkan berbagai barang peninggalan sejarah. Seperti kita tahu bahwa Tidore memiliki sejumlah warisan budaya bawah air yang jika dikembangkan, saya optimis akan menjadi wisata bahari internasional,” kata Ali.

Ali juga mengungkapkan, di Tidore terdapat begitu banyak potensi wisata bahari dan wisata sejarah yang dapat dibangun di bawah laut.

Terlebih, lanjut Ali, setelah ditemukannya peninggalan bawah laut seperti situs Soasio, Situs Tongowai serta keberadaan beberapa landmark bersejarah seperti istana, masjid, makam, dermaga dan jembatan Kesultanan Tidore.

Pemerintah Kota Tidore kepulauan dan Universitas Indonesia (UI) menggelar audiensi bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI di Kantor Bakamla RI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close