Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rerie Ingin Museum Mampu Menjawab Tantangan Kebangsaan

Selasa, 27 Oktober 2020 – 23:02 WIB
Rerie Ingin Museum Mampu Menjawab Tantangan Kebangsaan - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyatakan museum harus hadir sebagai institusi yang mampu mempertahankan entitas budaya dan sejarah bangsa. Hal itu, kata dia, untuk menjawab realita dan tantangan kebangsaan saat ini.

Sosok yang karib disapa Rerie itu menjelaskan ada 11 ribu jurnal ilmiah di dunia, yang mengungkap peran museum terhadap sjarah dan budaya bagi masyarakatnya. 

"Jadi secara ilmiah sudah diakui peran museum sangat penting untuk meningkatkan kesadaran sejarah dan budaya sebuah negara," kata Rerie.

Hal itu diungkap Rerie saat menjadi pembicara kunci pada Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Posisi Museum dalam Merawat Nilai Kebangsaan" di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (27/10).

FGD itu digelar Forum Diskusi Denpasar 12 dan Yayasan Mitra Museum Jakarta serta Museum Sejarah di kawasan Kota Tua, Jakarta.

Rerie menjelaskan museum memiliki peran sangat penting bagi edukasi para pengunjung yang ingin mengetahui sejarah bangsa Indonesia. Ujungnya, ujar dia, diharapkan mampu meningkatkan nilai-nilai kebangsaan warga negara.

Rerie menambahkan peran museum tidak lagi seperti dibayangkan banyak orang sekadar tempat penyimpanan benda-benda antik, kuno, dan bersejarah, serta arsip-arsip tentang masa silam.

Menurut Rerie, museum yang berisi koleksi perjuangan bangsa Indonesia, juga berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kebangsaan, khususnya tentang wawasan nusantara dan pembangunan kembali karakter bangsa. 

Rerie berharap museum mampu hadir sebagai institusi yang mampu mempertahankan entitas budaya dan bangsa.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close